Scroll to Top

Kurang Tidur Bisa Merugikan Hubungan Cinta

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

pasangan tidur

Kurang tidur bukan hanya berdampak pada penurunan tingkat kesehatan dan kinerja seseorang. Orang yang kurang tidur ternyata juga memiliki risiko mengalami masalah hubungan dengan pasangan. Demikian menurut studi dari Universitas California, seperti dikutip Huffington Post.

Penyebabnya, kurang tidur menimbulkan sikap-sikap negatif. Salah satu yang paling terlihat adalah sikap egois yang berlebihan. Ini yang mengakibatkan pasangan cenderung mengalami konflik internal yang berujung pada ketidaknyaman dalam hubungan.

“Kurang tidur dapat membuat kita lebih egois, seperti kita memprioritaskan kebutuhan kita sendiri dibanding pasangan kita,” kata peneliiti studi dan psikolog Amie Gordon.

Dalam studi ini dilibatkan relawan lebih dari 60 orang yang berusia 18-56 tahun. Mereka mendapatkan tiga kali tugas. Pertama, mereka diminta membuat lima daftar yang disyukuri. Peneliti turut mencatat kualitas tidur mereka sebelumnya. Hasilnya, orang yang memliki kecukupan waktu tidur, lebih bisa mensyukuri hidupnya dibanding yang kurang waktur dalam tidur malam.

Tugas kedua, relawan diminta mencatat kualitas tidur mereka selama dua minggu dan efek terhadap dirinya. Relawan yang kurang tidur mengalami penurunan perasaan bersyukur dibanding mereka yang cukup waktu tidur.

Terakhir, saat relawan diminta untuk menuliskan hubungan waktu tidur dengan kehidupan bersama pasangannya, ternyata kurang tidur menyebabkan pasangan mereka lebih sedikit bisa menghargai.

“Itu mempengaruhi interaksi kita dengan orang lain, seperti kemampuan kita untuk bersyukur, (sebuah) emosi sosial yang vital,” kata Gordon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda