Scroll to Top

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

tidur

Beratnya aktivitas harian kerapkali membuat seseorang teramat letih. Tapi, rasa capek bukan berarti selalu memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Tidak sedikit orang yang kecapekan justru lebih sulit untuk terlelap. Akibatnya, dia mendapatkan insomnia.

Kondisi seperti ini wajib mendapatkan perhatian. Pasalnya, mendapatkan kualitas tidur yang baik akan membantu tubuh dan pikiran selalu dalam kondisi prima. Selain itu, tidur yang berkualitas membantu Anda untuk selalu tampil tampak muda. Regenerasi sel tubuh bisa berjalan dengan normal.

Bagi Anda yang peduli dengan kecantikan dan mengalami masalah sulit tidur, berikut ini beberapa tips yang dapat memudahkan Anda terlelap:

  1. Memenuhi kebutuhan tidur secara tepat setiap harinya. Cukup tidur membantu Anda untuk merasa bahagia saat bangun. Anda bisa terbebas dari perasaan tertekan atau cemas yang biasa mengiringi di kala seseorang kekurangan jam tidurnya. Dengan tidur 7-8 jam per hari akan meningkatkan kewaspadaan Anda di keesokan hari.
  2. Selalu sarapan dan biasakan mengonsumsi makanan sehat. Wajah lelah dan mengantuk bisa dipengaruhi oleh kebiasaan meninggalkan makan pagi. Kadar gula Anda akan cukup rendah sehingga menjadi tampak lesu. Anda pun mungkin banyak terlelap di siang hari. Tidur siang berlebihan membuat malam Anda terasa segar dan lebih mungkin untuk terjaga. Selain itu, pilih menu yang sehat dan sesuaikan porsinya sesuai kebutuhan.
  3. Berolahraga secara teratur. Berolahraga selama 20-30 menit bermanfaat meningkatkan kewaspadaan dan kesegaran tubuh. Di samping itu, berolahraga turut memperbaiki kualitas tidur di malam hari.
  4. Hindari kafein. Mengonsumsi minuman berkafein membuat Anda terjaga. Hindari banyak memasukkan kafein setelah tengah hari agar tidak mempengaruhi tidur malam Anda.
  5. Upayakan untuk menurunkan tingkat stres Anda. Berikan kesempatan tubuh Anda untuk relaksasi saat pikiran sudah penuh dengan tekanan hidup. Salurkan stres dengan kegiatan positif yang menyenangkan agar tidak terbawa dalam tidur malam Anda.
  6. Pilih kasur yang tepat untuk membaringkan tubuh. Sesuaikan jenis kasur dengan rasa nyaman tidur yang Anda harapkan. Mungkin memilih kasur ganda bisa menjadi alternatif untuk tempat tidur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda