Scroll to Top

PSSI Rancang Konsep Setinggi Langit untuk Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

Timnas Indonesia Kamerun Andik Vermansyah

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin menjanjikan rancangan yang dinilai paling ideal untuk memperbaiki ranking FIFA bagi Timnas Indonesia. Konsep yang terkesan setinggi langit itu menjadi salah satu pembahasan dalam rapat Executive Committee (Exco) PSSI, Senin (28/1/2013), yang baru lalu, di Jakarta.

Nantinya, PSSI akan membagi calon lawan Timnas Indonesia dalam pertandingan ujicoba berdasarkan peringkat FIFA yang dikantongi tim-tim tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, terdapat pembagian empat kategori bagi calon lawan timnas.

Empat kategori itu adalah, pertama, negara yang memiliki ranking FIFA 1-50, kedua 51-100, ketiga 101-150, dan keempat ranking 150 ke atas.

“Ke depannya ketika timnas kita mengadakan pertandingan persahabatan maka mereka akan menghadapi lawan-lawan yang berdasarkan ranking negara tersebut,” jelas Sihar Sitorus.

Ia melanjutkan, konsep tersebut dilakuan supaya ada peningkatan yang signifikan setelah menjalani laga-laga ujicoba itu. Dengan begitu, diharapkan ranking Timnas Indonesia di peringkat FIFA pun akan menjadi lebih baik.

“Tujuannya ini agar timnas kita dapat mempunyai lawan yang kualitasnya bagus dan berimbang yang dapat memberikan simulasi pertandingan yang positif.  Harapannya juga agar ranking timnas kita bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harap Sihar Sitorus.

Persoalannya, apakah negara-negara yang masuk dalam agenda PSSI tersebut bersedia untuk menggelar laga ujicoba dengan Timnas Indonesia? Sebagai cerminan, tahun lalu saja PSSI gagal mendatangkan negara-negara kuat yang sudah dijanjikan, dan akhirnya hanya bertanding melawan Kamerun, itu pun bukan tim utama yang diperkuat oleh para pemain terbaiknya.

Di permulaan tahun 2013 ini, agenda ujicoba internasional yang sudah digadang-gadang untuk Timnas Indonesia pun batal, yakni melawan Uni Emirat Arab (UEA). Sedangkan pertandingan kontra Yordania awalnya juga sempat dibatalkan, namun kemudian PSSI memaksakan skuat Garuda untuk berangkat ke negeri Timur Tengah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda