Scroll to Top

Pengaruh Negatif Stres dalam Kehidupan Rumah Tangga

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 29 Jan 2013

stres

Jangan terlalu lama berkubang dengan stres. Jika Anda sudah berumah tangga, stres bisa menjadi awal masalah yang menghinggapi hubungan dengan pasangan. Dikutip dari Times of India, stres setidaknya akan menimbulkan beberapa perkara sebagai berikut:

  1. Stres mempengaruhi kehidupan seksual. Orang yang mengalami stres dimungkinkan mencari fantasi yang berlebihan dan tidak lazim dalam melakukan hubungan seks. Ini bisa membahayakan fisik dan mental.
  2. Stres bisa menurunkan libido. Orang yang sudah berlebihan dipengaruhi hormon kortisol – hormon penyebab stres – bisa pula mengalami masalah penurunan gairah untuk bercinta. Tingginya hormon kortisol dapat menekan hormon yang mempengaruhi libido. Akibatnya, orang yang sedang stres juga ditemui lebih jarang melakukan hubungan badan dengan pasangannya.
  3. Stres mempengaruhi semangat hidup dan kondisi fisik. Orang yang sering tertekan pikirannya menjadi lesu, kesehatan menurun, dan cenderung malas-malasan. Ini bisa memengaruhi interaksi dengan pasangan dan komunikasi terasa membosankan.
  4. Stres menimbulkan reaksi sikap suka membentak. Karena beban pikiran serasa ingin “diledakkan”, banyak orang yang sedang tertekan meluapkan emosinya dengan membentak dan marah. Efek sampingnya, pasangan dihantui perasaan takut jika sampai terjadi ledakan kemarahan dari orang yang dicintainya.
  5. Stres membuat pelakunya mengerjakan hal-hal yang negatif. Misalnya, dia mengambil minuman beralkohol sampai dirinya benar-benar mabuk dan melupakan sejenak hal yang membuatnya frustrasi. Dia menjadi lebih egois dengan pasangannya.
  6. Stres berakibat buruk pada kondisi kesuburan. Terutama bagi wanita, stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Stres mempengaruhi kelenjar pituitary yang mengontrol tiroid, kelenjar adrenal, dan ovarium. Saat ovarium tidak berfungsi sempurna, periode menstruasi menjadi tidak teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda