Scroll to Top

F1 2013 : Lotus Renault Pamerkan E21

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

Lotus-E21-2013

Tim Formula Satu Lotus Renault memamerkan mahakarya terbaru mereka yang diberi kode nama E21 dalam menghadapi ketatnya persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2013 di Enstone, markas besar mereka.

E21 merupakan penerus dari E20 yang sukses membawa Lotus Renault finis di posisi keempat klasemen konstruktor dan mengantar Kimi Raikkonen finis di tiga besar klasemen pembalap musim 2012.

Apabila dilihat secara sekilas maka tidak terlihat adanya perubahan signifikan dari E21 dibandingkan dengan kendaraan mereka sebelumnya, namun direktur teknis James Allison menegaskan bahwa ada pada bagian-bagian tertentu telah dilakukan perubahan total.

“Tergantung dimana anda melihat, beberapa bagian dari mobil baru merupakan hasil desain ulang dan dalam beberapa area kami melakukan optimisasi lebih jauh. Bagian terbaik dari filosofi desain pada beberapa musim telah kami adopsikan”, terang Allison.

Lotus-E21-2013(1)

Pada layout suspensi depan dan belakang dilakukan perubahan untuk memberikan aerodinamis yang lebih baik. Sementara desain sayap depan merupakan kelanjutan dari konsep yang telah Lotus kerjakan sejak 2009.

Perubahan pada sayap belakang dilakukan agar mendapatkan level kepuasan atas stabilitas downforce dengan tetap memiliki potensi switching DRS yang maksimal. E21 akan menggunakan passive doubel DRS yang telah dievaluasi sebelumnya.

Tim prinsipal Eric Boullier pada kesempatan yang sama berharap timnya mampu berbuat lebih baik lagi dari tahun 2012.

“Saya rasa cukup fair mengatakan bahwa sesuatu yang hebat memungkinkan dari tim dan E21. Lompatan yang kami buat dari 2011 ke 2012 memperlihatkan bahwa kami mampu”, tegas Boullier.

“Rencana ambisius kami untuk mengubah diri kami menjadi satu dari tim papan atas di F1 mulai membuahkan hasil dan sekarang kami harus memanfaatkan ini bersama hasil yang kuat dan podium yang teratur.”

Dengan diperkenalkannya E21 maka tim Lotus Renault menjadi tim pertama yang memamerkan kendaraan andalan mereka di musim 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda