Scroll to Top

El Clasico: Jika Carles Puyol Main, Barcelona Menang

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

El Clasico Jika Carles Puyol Main, Barcelona Menang

El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona mungkin akan senantiasa dihubung-hubungkan dengan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, dua pemain terbaik dunia saat ini. Namun, jangan pernah lupakan sosok Carles Puyol. Kapten Barcelona memegang peranan penting untuk kemenangan timnya. Tercatat, kala Puyol berada di lapangan; Barca senantiasa menang atas klub ibukota Spanyol di Santiago Bernabeu.

Tengoklah rekor Barcelona di Santiago Bernabeu dalam lima tahun terakhir. Mereka mengoleksi lima kemenangan, 2 hasil seri, dan sekali tumbang. Dari catatan tersebut, Carles Puyol absen dua kali. Yaitu, kala Blaugrana tumbang 2-1 dan seri 2-2. Semuanya di ajang Supercopa de Espana. Selebihnya, ketika sang kapten berani mati, tampil di lapangan, Real Madrid bagaikan tak berkutik menghadapi Barca.

Memang, Puyol pernah ikut serta dalam hasil seri 1-1 di Santiago Bernabeu pada Liga Spanyol 2010-2011. Namun, kala itu, Puyol mesti ditarik oleh Pep Guardiola dari lapangan sejak menit 57, ketika Barca unggul 0-1. Sebelum akhirnya Madrid berhasil menyamakan kedudukan via tendangan penalti Cristiano Ronaldo.

Artinya, bisa dikatakan: setiap kali Puyol berlaga, Barcelona selalu menang di Santiago Bernabeu. Mulai dari pembantaian 2-6 pada Mei 2009, menang 0-2 di April 2010, 0-2 pada Liga Champions musim 2010/11, 1-3 di Desember 2011, dan terakhir 1-2 pada Januari 2012.

Yang tak kalah penting, Carles Puyol sudah dua kali mencetak gol yang membuat Barcelona menaklukkan Santiago Bernabeu. Pertama, ketika Barca mencukur Real Madrid 2-6 untuk menentukan juara Liga musim 2008/09. Dan terakhir, pada kemenangan 1-2 di Copa del Rey musim lalu.

Kali ini, Puyol ikut diangkut dalam 19 pemain yang diboyong Jordi Roura ke Santiago Bernabeu. Akankah ia akan kembali menjadi pembeda?

19 Pemain Barcelona Yang Dipanggil untuk El Clasico: Valdés, Pinto, Alves, Piqué, Puyol, Adriano, Alba, Bartra, Mascherano, Xavi, Song, Busquets, Thiago, Cesc, Iniesta, Pedro, Alexis, Messi, dan Villa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda