Scroll to Top

Mau Nonton Channel Tertentu di Youtube? Bayar Rp 48 Ribu!

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

Youtube

Tersiar kabar jika Youtube akan terapkan tarif di channel tertentu dengan tarif tertentu. Besarnya biaya langganan pun beragam. Mulai USD 1 hingga USD 5 per bulan. Ini berarti pemirsa harus merogoh koceknya mulai Rp 9 ribuan hingga Rp 48 ribuan per 30 hari.

Memang tarif tersebut cukup terjangkau untuk pengguna khususnya di wilayah Indonesia. Namun pertanyaan yang muncul mengapa pemirsa harus dikenakan ‘pungli’ ini dan apakah pendapatan Youtube dari iklan yang bersliweran tak cukup menguntungkan?

Ide ini sejatinya baru tapi lama. Menurut Techradar ide langganan berbayar Youtube telah bergulir sejak tahun 2012. Tahun lalu CEO Salar Kamangar sempat beberapa kali mengatakan akan memertimbangkan layanan ini. Sementara itu jubir Youtube lainnya bahkan berujar jika ide ini telah ada sejak tahun 2011.

“Ini adalah sesuatu yang benar-benar penting bagi pencipta konten. Kami sedang berbicara dengan sangat serius dan berfikir akan hal itu dengan sangat hati-hati,” ujar Salar Kamangar pada Juni 2011.

Pun juga bos Youtube ini menyebut jika konten yang berbeda membutuhkan jenis model pembayaran yang berbeda. Secara eksplisit ia ingin berkata jika konten berbayar tentu saja akan miliki konten berbeda yang ekslusif dengan konten regular (gratis).

“Yang penting adalah, terlepas dari model itu, pencipta konten suskses di platform dan menerima banyak manfaat dari langganan. Kita melihat itu,” lanjutnya.

Jika memang rumor ini benar, Youtube akan segera merealisasikan paket saluran berbayar ini setidaknya mulai tahun depan. Apakah Anda bersedia membayar untuk menikmati Youtube?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda