Scroll to Top

Timnas Indonesia Jajal Yordania Sebelum Hadapi Irak

By Aditya / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

Timnas Indonesia AFF Cup 2012 - 3

Timnas Indonesia akhirnya benar-benar diberangkatkan ke Yordania untuk menjalani laga ujicoba sebelum turun di ajang resmi Pra Piala Asia 2015 menghadapi Irak. Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, menjelaskan bahwa skuat asuhan pelatih Nil Maizar diterbangkan ke Yordania kemarin sore dan dijadwalkan tiba di Amman, ibukota Yordania, pagi ini.

“Timnas jadi berangkat ke Yordania. Jam 18.00 WIB akan berangkat dari Medan ke Jakarta. Kemudian dari Jakarta pukul 24.00 WIB ke Yordania,” terang Halim Mahfudz, Selasa (29/1/2013) di Jakarta.

Setiba di Yordania, Wahyu Wijiastanto dan kawan-kawan akan istirahat. Sore dan pagi esok harinya, skuat timnas dijadwalkan menjalani latihan sebelum menghadapi tuan rumah Yordania.

“Sampai di Yordania pukul 10.00 waktu Yordania. Kemudian sore hari latihan kecil. 31 Januari pagi tetap latihan dan sore hari bertanding,” tambah Halim Mahfudz.

Menurut Halim Mahfudz, pertandingan melawan Yordania cukup efektif sebelum Timnas Indonesia bertarung melawan Irak. Apalagi, jarak antara Yordania dan Qatar, tempat di mana laga Irak kontra Indonesia digelar pada 6 Februari 2013 mendatang, tidak terlalu jauh sehingga meringankan beban pemain.

“Ujicoba melawan Yordania efektif karena sudah ditentukan oleh pelatih dan manajemen,” kata Halim Mahfudz.

Rencana ujicoba Timnas Indonesia melawan Yordania sendiri sempat mengalami ketidakjelasan. Awalnya, PSSI memastikan bahwa laga tersebut dibatalkan karena kendala transportasi. Namun, tiba-tiba PSSI meralat keterangannya dan ”memaksa” skuat asuhan Nil Maizar agar segera berangkat ke Yordania.

Ketidakjelasan ini membuat asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliviera, sedikit kesal. Pasalnya, yang akan menjadi korban adalah para pemain timnas sendiri.

“Kalau seperti ini kasihan pemain. Seharusnya mereka (PSSI) juga memikirkan kebutuhan pemain. Jangan seperti ini, pemain kan aset sepakbola. Kondisi fisik mereka saat ini sudah siap, tetapi kalau seperti ini mental mereka ditakutkan akan terganggu,” keluhnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda