Scroll to Top

Hasil Uji Coba: Indonesia Bantai Palestina

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 23 Aug 2011

Timnas Indonesia kembali menggelar pertandingan uji coba dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2014 Zona Asia. Kali ini yang menjadi lawan adalah Palestina.

Bermain di hadapan puluhan ribu suporter setianya, timnas gagal menunjukkan permainan terbaik sepanjang babak pertama. Beberapa kali para pemain melakukan kesalahan mendasar. Hal itu diperburuk dengan organisasi permainan yang kacau.

Indonesia baru bisa tampil baik setelah 15 menit pertama. Duet striker Bambang Pamungkas-Cristian Gonzales sempat mendapat peluang yang belum membuahkan hasil.

Palestina ganti membalas lewat ancaman yang diberikan Haytam Theeb. Beruntung bola masih dapat diamankan Markus Horison. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Di awal babak kedua Palestina membuat suporter tuan rumah terdiam. Sulaiman Obaid berhasil lolos dari jebakan off-side saat menerima sebuah umpan terobosan untuk kemudian melepaskan tendangan yang mengelabui Markus.

Setelah kebobolan, permainan timnas semakin membaik. Para pemain tentunya tidak ingin mengecewakan puluhan ribu suporter yang sudah rela mendukung mereka di stadion.

Perjuangan timnas membuahkan hasil di menit 64. Tendangan bebas yang dilepaskan El Loco Gonzales masih mampu diblok kiper Palestina. Bola muntah disambar Hariono dengan kepalanya untuk membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Namun gol itu harus dibayar mahal oleh Hariono. Kepalanya bercucuran darah sesaat setelah mencetak gol akibat terkena tendangan pemain Palestina yang coba menghalau bola saat Hariono menanduk bola. Hariono pun akhirnya ditarik keluar oleh pelatih Wim Rijsbergen.

Enam menit kemudian, giliran Gonzales yang membuat riuh suasana Stadion Manahan. Striker Persib Bandung itu berhasil menuntaskan umpan M. Ridwan yang melakukan akselerasi dari sisi kanan pertahanan Palestina.

Unggul 2-1, timnas semakin gencar menyerang pertahanan tim tamu. Hasilnya tercipta di menit 78 ketika Gonzales dengan cerdik memberi umpan pada Bambang untuk kemudian mengecoh kiper Palestina.

Menit 85 timnas semakin menenggelamkan Palestina. Berawal dari perebutan bola antara Gonzales dan bek Palestina, bola liar mengarah pada Bambang yang langsung menendang bola dengan keras.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor akhir, Indonesia 4-1 Palestina.

“Pada babak pertama, seharusnya kami bisa mencetak gol. Kami kebobolan lebih dulu karena pertahanan kami agak lemah. Tapi setelahnya, anak-anak tetap bekerja keras dan tercipta beberapa gol yang bagus,” kata Wim seusai laga.

“Kita tak punya banyak waktu lagi. Besok pagi (hari ini) kita harus terbang ke Jakarta dan besok malam terbang ke Yordania.”

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan tuan rumah Yordania pada 27 Agustus mendatang.

Susunan pemain:

Indonesia: Markus Horison, Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah (Beny Wahyudi 87’), Ambrizal (M. Roby 46’), M. Nasuha, Hariono (Tony Sucipto 65’), Firman Utina (Eka Ramdani 91’), M. Ridwan (Okto Maniani 79’), Irfan Bachdim (M. Ilham 79’), Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas

Palestina: Mohammed Shbair, Samer Halsi, Rafat Ayyad, Haytham Theeb, Ahsraff Alfawaghra (Khaleed Salem 7’), Sulaiman Obaid, Fahed Attal (Iyad Garquod 80’), Ali Khotib, Hussem Abusalah, Khadeer Abuhammad, Murad Said (Khaled Madi 90’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda