Scroll to Top

Mengenal Cathinone, Jenis Narkoba Kah?

By C Novita / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

narkotika

Cathinone mungkin sebuah nama yang masih asing di telinga masyarakat awam, namun mulai ramai terdengar saat beberapa orang artis, diantaranya Raffi Ahmad, tertangkap tangan menggunakannya.

Dilansir oleh situs Metrotvnews, cathinone ternyata adalah zat psikotropika jenis baru yang merupakan hasil ekstraksi tanaman bernama catha edulis. Tanaman tersebut berasal dari negara pecahan Uni Sofiet, Azerbaizan.

Kepala BPOM, Lucky S, yang dihubungi situs tersebut menerangkan bahwa cathinone tidak masuk pada jenis narkotika yang memberi efek terapi. Senyawa ini pun tak pernah diuji secara klinis diseluruh dunia sebagai obat.

Hal tersebut yang menyebabkan BPOM tak punya wewenang mengawasi bahan yang memberi efek euphoria serta halusinasi tersebut, sebab tak termasuk jenis obat.

Berbeda lagi dengan katinona, sejenis cathinone, yang telah dikenal oleh para pemakai narkoba. Katinona dikatakan hampir serupa dengan ekstasi. Efek mengkonsumsi katinona yaitu halusinasi, euphoria, serta menghilangkan rasa lelah.

Katinona telah terdaftar pada UU Psikotropika sebagai salah satu jenis narkotika.

BPOM sendiri mengawasi peredaran berbagai jenis narkotika dan obat yang mempunyai efek terapi pengobatan. Misalnya morphin, yang pada beberapa kasus gangguan kesehatan digunakan pada terapi pengobatannya.

Untuk kasus cathinone yang diduga digunakan oleh Raffi Ahmad dan teman-temannya, belum termasuk pada daftar narkotika yang ada di BPOM dan UU Psikotropika.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda