Scroll to Top

5 Efek Buruk Microwave Bagi Kesehatan

By C Novita / Published on Wednesday, 30 Jan 2013

efek buruk microwave

Microwave memang praktis dan sangat membantu proses memasak bagi para ibu. Hanya dengan sentuhan tombol, maka masakan matang atau panas dalam sekejab. Tak perlu repot menyalakan kompor, memindahkan ke dalam wajan, atau terpercik minyak panas bila menggoreng.

Namun di balik kepraktisan tersebut, ternyata microwave juga membawa efek buruk bagi kesehatan. Dilansir oleh situs Boldsky: berikut ini adalah efek buruk dari penggunaan microwave:

  • Memicu radikal bebas

Makanan beku yang dimasukkan dalam microwave untuk dipanaskan memicu munculnya radikal bebas dari molekul makanan tersebut.

  • Memicu kanker

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa radiasi bisa membuat bahan kimia organik pada makanan terkonversi menjadi bersifat karsinogen. Karsinogen adalah jenis zat yang bisa menyebabkan kanker.

  • Menghilangkan antioksidan dan nutrisi

Study yang dipublikasi The Journal of Science of Food and Agriculture mengatakan bahwa radiasi microwave bisa menghilangkan zat berguna semacam antioksidan yang terdapat pada makanan. Juga berbagai nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut.

  • Kesehatan jantung

Dikatakan oleh Dr. Magda Havas dari Trent University, penelitiannya menunjukkan adanya pengaruh pada detak jantung manusia yang meningkat atau menurun karena gelombang radiasi dari microwave.

  • Anemia

Pengaruh nutrisi makanan yang berkurang dapat membuat jumlah haemoglobin menurun dan lambat laun menyebabkan anemia atau kurang darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda