Scroll to Top

Roy Suryo Tebar Ancaman, ISL Akan Dihentikan!

By Aditya / Published on Thursday, 31 Jan 2013

Logo ISL

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, mengancam akan menghentikan jalannya kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013 yang telah bergulir sejak awal tahun ini. Ancaman Roy Suryo itu terkait dengan beberapa hal yang belum dipenuhi oleh klub-klub ISL, terutama mengenai pelunasan gaji pemain.

Roy Suryo akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kompetisi yang dikelola oleh PT Liga Indonesia itu pada tanggal 6 Februari 2013 mendatang. Apabila masih ditemukan pelanggaran, maka Menpora pengganti Andi Mallarangeng itu tidak segan-segan akan menyetop bergulirnya ISL di tengah jalan.

“ISL memang harus dievaluasi. Jika pada tanggal tersebut tunggakan gaji belum terselesaikan secara signifikan, kami akan mengambil langkah tegas. Misalnya saja, menghentikan jalannya kompetisi ISL,” ancam Menpora.

Politisi Partai Demokrat yang juga dikenal sebagai pakar telematika ini mengacu pada Undang-Undang No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional pasal 13 ayat 1. Disebutkan dalam pasal tersebut bahwa pemerintah memiliki kewenangan untuk mengatur, membina, mengembangkan, melaksanakan, dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan secara nasional.

“Dalam arti lain, menghentikan kegiatan cabang olahraga yang telah menyalahi aturan,” tandas Roy Suryo/

Dari informasi yang diperolehnya, Roy Suryo mendapatkan data bahwa terhitung tanggal 24 Januari 2013, hanya ada enam klub ISL yang tidak bermasalah dengan pembayaran gaji pemain, yaitu Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Persegres Gresik, Persisam Samarinda, dan Persib Bandung.

“Artinya, lebih banyak klub yang tidak memenuhi kewajibannya daripada yang menjalankannya,” pungkas sang menteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda