Share

Real Madrid vs Barcelona 0-1 (2)

Real Madrid harus puas ditahan imbang tamunya Barcelona dalam El Clasico Jilid IV musim ini sekaligus semifinal leg pertama Copa del Rey 2013. Bermain di Santiago Bernabeu pada Kamis, 31 Januari 2013, Cristiano Ronaldo dkk. mendapatkan hasil pertandingan Real Madrid vs Barcelona 1-1. Cesc Fabregas menjadi pembuka skor Barcelona vs Real Madrid, sebelum akhirnya Raphael Varane datang menyamakan kedudukan di menit 81. Hasil Copa del Rey ini membuat leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, dipastikan semakin sarat dengan tensi. Cukup unik, baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak mencetak gol dalam laga ini.

http://www.youtube.com/watch?v=Yq9404UiEVw

http://www.youtube.com/watch?v=zXUE8zXRQEU

Dalam duel Real Madrid vs Barcelona, Jose Mourinho menampilkan Diego Lopez sebagai kiper utama. Sementara, krisis lini belakang ditutup dengan duet palang pintu Ricardo Carvalho-Raphael Varane. Di Barca, Jordi Roura memainkan para pemain kuncinya. Trio Lionel Messi-Cesc Fabregas-Andres Iniesta menjadi tokoh utama di depan.

Ketegangan El Clasico sudah dirasakan sejak detik-detik awal. Pelanggaran Gerard Pique terhadap Cristiano Ronaldo berbuah tendangan bebas yang ditembakkan CR7 dengan cantik. Beruntunglah Barcelona memiliki kiper seperti Jose Manuel Pinto yang dengan sigap menepis bola. Hal ini dilanjutkan dengan umpan kecohan Michael Essien yang kembali dibendung Pinto di menit 9.

Real Madrid vs Barcelona 0-1

Pressing habis-habisan Real Madrid menjadi terapi ampuh untuk meredam ball possessions Barca. Namun, pasukan Catalan tetap menggapai peluang. Tendangan bebas Xavi Hernandez membentur mistar di menit 20. Sementara itu kecerobohan Carvalho nyaris menghukum Madrid. Beruntung tembakan Xavi diblok dengan sempurna oleh Varane.

Permainan ketat yang diperagakan kedua tim, anehnya tak berbuah menjadi gol hingga menjelang turun minum. Skor 0-0 bertahan, namun itu hingga menit 50. Upaya membuang bola dari daerah sendiri berujung petaka bagi Real Madrid. Lionel Messi menyerobot bola dan menyodorkannya kepada Cesc Fabregas. Dan Cesc, yang mendapatkan bola di ruang kosong tak menyiakan kesempatan untuk menaklukkan Diego Lopez dari jarak dekat. 0-1.

Cesc Fabregas El Classico

EL Clasico Real Madrid vs Barcelona

Jose Mourinho berusaha memberikan alternatif. Ditariknya Jose Callejon untuk memberikan seorang Luka Modric kesempatan di lapangan. Hasilnya, Madrid mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan ketika Cristiano Ronaldo menanduk bola umpan Michael Essien. Sayang, CR7 memilih untuk menyundul ke samping meski berada di depan gawang yang kosong.

Upaya menambah daya gedor serangan dilakukan dengan kehadiran Gonzalo Higuain. Dan setelah perjuangan panjang, satu gol tercipta. Real Madrid akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 81. Melalui umpan di sisi kiri pertahanan Barca dari Mesut Ozil, Raphael Varane yang sepanjang pertandingan tampil impresif, menaklukkan Jose Pinto.

Raphael Varane

Ketegangan masih terjadi di menit-menit akhir. Real Madrid yang berusaha mengambil keuntungan di leg pertama mencari alternatif untuk membobol gawang Pinto. Namun, ketika peluit penghabisan ditiupkan, skor imbang 1-1 bertahan.

Melihat cara bermain kedua tim, tidak ada jaminan Barca akan memperoleh keuntungan berkat hasil laga kali ini. El Clasico berikutnya akan tetap panas, hingga detik terakhir.

Real Madrid (4-2-3-1): Diego López; Essien, Varane, Carvalho, Arbeloa; Khedira, Alonso; Callejón (Modric ’58), Ozil, Cristiano Ronaldo; Benzema (Higuain ’63)

Barcelona (4-3-3): Pinto – Alves, Pique, Puyol, Alba – Xavi, Busquets, Cesc (Thiago ’85) – Pedro (Alexis ’76), Messi, Iniesta