Scroll to Top

Gran Habano, Rokok Terbesar di Dunia Terjual Rp 1,8 Miliar

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 31 Jan 2013

Gran Habano

Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Satu batang saja, mengandung ribuan racun dan zat kimia berbahaya. Nah bilamana satu batang rokok ini miliki panjang 5,7 meter, berat 725 kilogram, dan diameter 1 meter, berapa kadar racun dan zat kimia yang dikandung? Adalah Gran Habano, rokok terbesar di dunia yang telah terjual seharga Rp 1,8 miliar.

Mungkin El Gigante, sebutan lain Gran Habano, lebih mirip dengan segelinding kayu jati. Bentuknya raksasa. Diameternya besar. Dan sangat panjang. Rokok ini bahkan miliki berat hampir 1 ton, 7,25 kuintal atau sekitar 725 kilogram.

Gran Habano memang bukanlah rokok biasa. Harga per batangnya bisa mencapai USD 185 ribu atau sekitar Rp 1,8 miliar. Rokok ini membutuhkan 16 ribu daun tembakau. Gran Habano saat lelang berhasil dibeli oleh seorang kolektor misterius.

Gran Habano
Gran Habano rokok raksasa miliki panjang 5,7 meter, berat 725 kilogram, dan diameter 1 meter.

“Gran Habano dibuat sebagai bagian display untuk pameran dagang. Mungkin saja tak akan untuk dijual. Ketika orang ramai membicarakan cerutu raksasa, banyak yang berbicara dengan skeptis,” ujar Juan Panesso pemilik laman CigasDirecy, yang sering lakukan pelelangan rokok.

Sementara itu Gran Habano didapat dari sebuah gudang di wilayah Clearwater, Negara Bagian Amerika Serikat. Menurut Juan Panesso, rokok raksasa ini telah terjual pada seorang kolektor rokok yang tak sudi identitasnya terungkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda