Scroll to Top

Tips Membeli Mobil Bekas, Agar Tak Tertipu

By C Novita / Published on Thursday, 31 Jan 2013

tips membeli mobil bekas

Solusi bagi dana yang terbatas, namun kebutuhan akan kendaraan roda empat mendesak, adalah dengan membeli mobil bekas. Namun membeli mobil bekas butuh ketelitian dan ekstra hati-hati sebab kini banyak beredar mobil ‘tak halal’ yang dilengkapi surat-surat kendaraan palsu.

Harga yang ditawarkan pun terkadang sangat murah, hingga membuat pembeli tergoda tanpa lagi perduli pada kelengkapannya. Anda tentu tak ingin tertipu saat membeli mobil bekas, bukan?

Simak tips berikut ini seperti diungkap Divisi Humas Mabes Polri dan dilansir detikOto:

  • 1. Perhatikan STNK kendaraan, di pojok kanan atas terdapat nomer STNK serta tanggal pengesahan pejabat polisi dengan tanda tangan. Nomer dan tahun pengesahan biasanya sama.
  • 2. Lembar pajak kendaraan juga sebaiknya Anda perhatikan. Jika telah dibayarkan, maka akan nampak jam, tanggal dan jumlah terbayar secara detail. Validasi dari samsat juga akan tertera di sana.
  • 3. Di BPKB, akan tercatat semua informasi tentang identitas mobil. Perhatikan semuanya, beserta nomer BPKB dan nomer regristasi POLDA.
  • 4. Cek di samsat yang paling dekat dengan lokasi kendaraan, terkait dengan fisik kendaraan. Ingat untuk tak membayar terlebih dahulu sebelum semua kelengkapan surat dan fisik jelas.
  • 5. Bentuk huruf di BPKB atau STNK yang tak biasa, agak buram, atau kertas yang tak sewajarnya patut Anda curigai. Minta foto kopi semua dokumen, agar dapat Anda cek di POLDA.
  • 6. Cocokkan NOKA dan NOSIN dengan yang terdapat pada BPKB serta STNK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda