Scroll to Top

Sakit Maag? Jauhi Makanan Ini

By C Novita / Published on Thursday, 31 Jan 2013

makanan pemicu sakit maag

Sering mengalami perih di lambung, kembung, dan mual saat terlambat makan? Itu berarti Anda mengalami sakit maag. Hati-hati, jika terus dibiarkan dan sampai menjadi maag kronis, maka resiko kanker lambung bisa terjadi.

Maag terjadi sebab pada dinding tukak lambung terjadi radang atau luka. Dapat disebabkan karena pola makan yang tak teratur, sering terlambat makan, atau karena kebiasaan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memicu asam lambung meningkat.

Untuk meminimalisir kambuhnya sakit maag, maka merubah pola makan bisa jadi jalan keluar. Menghindari jenis makanan yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat juga harus dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit maag, agar tak kambuh:

1. Makanan yang memicu gas di lambung

Sayuran semisal sawi, kubis, nangka, kacang-kacangan memicu timbulnya gas saat selewati proses pencernaan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah minim.

2. Soda dan alkohol

Minuman dengan soda dan alkohol jelas membuat gas di lambung meningkat. Ini dapat membuat perut makin perih dan sakit maag Anda kambuh.

3. Mie

Jenis mie, bihun, pasta, atau sumber karbohidrat yang bukan nasi seperti ubi dan jagung dapat membuat sakit maag makin parah.

4. Pedas

Dinding lambung dapat makin terluka sebab rasa pedas dari cabai dan merica yang Anda konsumsi berlebihan. Hindari sebisa mungkin, atau batasi hanya sedikit saja, untuk kesehatan lambung Anda.

5. Lemak kadar tinggi

Penganan dengan kandungan lemak tinggi seperti jerohan, kue dengan margarin yang pekat, keju, dan berbagai jenis es krim pun ternyata memicu timbulnya sakit maag. Konsumsi secara bijak agar Anda tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda