Scroll to Top

Fitur Google Plus Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

By Erni Dwi / Published on Tuesday, 23 Aug 2011

google-plus-miscBerapa lama anda telah menggunakan Google+, sudahkah anda mengetahui beberapa fitur-fitur Google+ yang mungkin bisa jadi sangat berguna untuk anda saat ini. Berikut adalah fitur-fitur dari Google+ yang mungkin anda belum ketahui:

1. Verified Name
Fitur ini untuk sementara hanya untuk kalangan publik figur, selebritis dan pengguna Google+ yang di-circle banyak orang.

Bukan tidak mungkin anda mendapatkan fitur Verified Name ini, jika anda memiliki circle yang sangat luas maka Google+ akan segera menyertakan fitur ini pada halaman profil Google+ anda.

2. Fitur HD video Chat
Anda akan menyukai fitur Hangout ini, dengan fitur ini memungkinkan anda melakukan tatap muka dan berbincang dengan teman anda paling tidak sebanyak 10 teman yang terdapat dalam circle anda.

Lewat fitur ini bukan hanya standard definition dari video yang bisa anda dapatkan jika koneksi internet anda cukup kencang bukan tidak mungkin anda akan mendapat video chat dengan kualitas High Definition.

Caranya: Pada halaman Google+ Home terdapat pilihan chat pada sisi kiri sidebar. Arahkan mouse anda pada Chat Option anda kemudian akan melihat segitiga terbalik akan muncul, klik dan masuk ke bagian setting. Selanjutnya melalui pop up anda akan diberikan pilihan Enable high-resolution video.

3. Format text untuk mengupdate status
Mungkin ada sebagian dari anda belum tahu bahwa anda dapat melakukan variasi teks pada saat anda akan mengetikkan sesuatu untuk memperbarui status Google+ anda.
caranya:

  • Tambahkan pada awal dan akhir text dengan asterik (*) untuk mempertebal text (misal :*helo*)
  • Untuk strikethrough (garis tengah) tambahkan garis penghubung pada awal dan akhir text (misal : -helo- )
  • Tambahkan underscore (garis bawah) pada awal dan akhir text untuk memiringkan text (misal : _helo_ )

4. Dapatkan notifikasi Google+ melalui Mobile Phone anda

Caranya: Klik pada setting ikon pada pojok kanan atas layar dan pilih Google+ setting. Pada tab Google+ atur preferensi pengiriman. Pada preferensi anda dapat melihat dimana update akan dikirimkan melalui email. Nah anda dapat mengubahnya melalu mobile phone dari sana. Anda juga dapat memilih bagaimana update dikirimkan melalui sms atau email.

5. Hubungkan Google+ anda dengan akun Social Network yang lain.
Fitur ini memfasilitasi agar pengguna Google+ yang lain dapat mengetahui tentang social network lain yang anda miliki, bisa jadi Twitter, Facebook , LinkedIn, Hotmail, Plaxo, yahoo, Flickr dan lain-lain bisa anda tambahkan disini.

Caranya : Anda cukup masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan kemudian klik pada Google+ Settings. Kemudian pilih Connected Accounts, lalu setting akun social network anda yang lain.

6. Google+ data back up
Google menyediakan fasilitas data back up bagi anda seperti foto-foto, informasi profil, daftar kontak, Foto Stream. Fasilitas ini akan cukup berguna jika terjadi sesuatu misalnya kehilangan akun Google+ anda.

Caranya: Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Google+ Settings, pilih Data Liberation.

7. Ubah tampilan bahasa Google+
Google menyediakan bahasa tampilan bagi bahasa dimana anda berasal, meski fasilitas ini masih belum bisa mengcover keseluruhan bahasa di dunia namun sudah terdapat beberapa bahasa semacam Hindi , Arabic, Greek,Chinese.

Caranya :
Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Google+ Settings, pilih Language.

8. Menggunakan beberapa akun pada satu browser yang sama.
Fasilitas ini sangat cocok bagi anda yang memiliki akun Google+ lebih dari satu, misalkan anda mempunyai satu akun Google+ milik pribadi dan yang lainnya akun untuk produk anda. Kini anda dapat melakukan perpindahan antar akun dengan sangat nyaman.

Caranya : Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Account Setting, Klik Account Overview >> mutiple sign-in >> edit.

Bagaimana apakah anda sudah mengenal fitur-fitur di atas? Semoga bermanfaat!

Komentar Anda