Scroll to Top

Cara Memasang Google+ Widget di Blog atau Website Anda

By Erni Dwi / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

larry page gplusAnda mungkin mempunyai blog atau website dan ingin menambahkan widget akun Google+ anda ke dalamnya ?

Widget akun Google+ yang terpasang pada website anda memungkinkan halaman profil akun Google+ anda diketahui oleh publik dan bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan circle yang lebih luas, kini anda bisa menambahkan widget ini ke dalam website anda. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan widget tersebut:

 

1. Menambahkan Widget akun Google+ dengan fasilitas yang telah disediakan Google

Google telah menyediakan profil button untuk menghubungkan dengan website anda, fasilitas ini terdapat pada webmaster manager center. Sebenarnya profil button Google+ ini hanya sebuah Logo dari Google+ yang mengandung link ke halaman profil akun Google+ anda.

Akan tetapi dalam link tersebut terdapat tag “rel=’author’ ” , menurut Google tag tersebut yang menghubungkan ke profil akun Google anda akan berfungsi untuk membantu pengguna Google menemukan konten Google+ anda pada pencarian di web. Jadi anda akan mendapat keuntungan paling tidak dari segi SEO. Untuk mendapatkan widget ini berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Masuklah ke halaman Google profil anda http://profiles.google.com/
  • Copy nomor ID dari URLnya , misalnya URL : https://plus.google.com/114055975301837030490/ maka copy bagian nomornya : 114055975301837030490
  • Kunjungi website Google Profile Button page
  • Paste nomor ID profil anda tadi pada bagian akhir URL “https://profiles.google.com” ke dalam isian ” Enter Profile URL”. Maka akan menjadi demikian : https://profiles.google.com/114055975301837030490″
  • Pilih ukuran gambar yang anda inginkan
  • Nah anda akan mendapatkan kode htmlnya. Copy dan paste kode profil button anda ke website anda.

2. Cara kedua adalah menambahkan widget dengan menggunakan website tidak resmi Google. Ada begitu banyak website tidak resmi dari Google+, melalui website-website penyedia fasilitas widget tersebut anda dapat membuat feed widget . Diantaranya itu adalah Widgetplus.com dan gglplus.com, anda bisa mengunjungi website tersebut.

google plus widget3. Alternatif lain untuk mendapatkan widget Google+ khususnya bagi anda yang memiliki WordPress blog sangatlah gampang. WordPress Plugin Directory telah menyediakan beberapa fasilitas ini anda tinggal melakukan search dengan keyword “Google Plus Widget” dan anda akan menemukan beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh web developer dari WordPress. Beberapa plugin yang disediakan WordPress antara lain : Google Plus Widget dan Scriptrr Google.

Tertarik membuat badge widget untuk website pribadi anda ? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda