Scroll to Top

HP Tablet RIP, Siapa Yang Bisa Menantang Apple?

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 23 Aug 2011

Penghentian secara tiba-tiba dari penjualan tablet HP berbasis WebOS TouchPad dari pasaran setelah tujuh minggu hadir di rak-rak toko retail menjadi pengingat kita kembali bagaimana sebuah perusahaan raksasa teknolgi gagal untuk menggigit pasaran iPad dari Apple, Inc.

Lihat saja yang terjadi pekan ini di BestBuy.com. Situs obral terbesar di dunia maya ini baru saja melakukan cuci gudang terhadap HP  TouchPads, dimana tablet yang bermemori 16 GB dijual hanya $99.99 dari harga resmi $399.99, dan 32 GB hanya $149.99 turun dari $499.99. Tak ayal minggu pagi kemarin kedua gadget itu sudah terjual habis.

TouchPad kini bergabung dengan Dell Streak 5 untuk RIP (Rest in Peace) dikuburan tablet, begitu pula dengan tablet dari merk lain yang tak ngeklik dengan konsumen termasuk Asustek Computer Eee Pad Transformer dan Xoom dari Motorola Mobility yang akan di beli oleh Google, Inc.

“Tablet non-iPad taka akan dijual di tingkat eceran. Inilah pesan yang penting dari peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini,” tutur Mark Gerber seorang analis dan peneliti di Boston dan investor dari Detwiler Fenton.

Beda dengan PlayBook dari Research in Motion (RIM), walaupun mendapat ulasan yang cukup pedas serta kendurnya penjualan, akan tetapi dimungkinkan tablet dari RIM ini akn tetap betahan mengingat gadget ini menjadi kunci strategi pegembangan RIM di masa depan.

“Saya tak berharap RIM akan menghentikan pnjualan PlayBooknya dalam waktu dekat atau meninggalkan platform yang telah dibuatnya, disebabkan saya menilai bahwa RIM melihat masa depannya disini,” ungkap Colin Gillis analis BBC bidang finansial.

Kemunduran dari pesaing Apple yang telah disebutkan diatas kemungkinan besar disebabkan mereka gagal untuk merancang perangkat lunak untuk tablet mereka. Lihat saja tablet Apple IOS menyumbang 61.3 persen dari pasar tablet pada kuartal kedua tahun ini, nilai ini lebih dari dua kali lipat yaitu 30.1 persen untuk Google dengan Androidnya, sedangkan RIM berbagai dengan Microsoft dikisaran kurang dari 4.6 persen.

Namun Apple sepertinya harus selalu waspada. Bisa jadi perubahan selera pasar akan terjadi. Google yang melakukan langkah penting dengan membeli Motorola Mobility , sebuah perusahaan hardware bisa tampil menjadi saingan potensial bagi Apple. Google bisa saja menjadi senjata mutakhir untuk menunjukkan kemahiran softwarenya seperti yang telah dilakukan Appe selama ini.

Belum lagi saat ini semua mata sedang tertuju pada ‘Ice Cream Sandwich’ yang merupakan generasi Android terbaru yang dapat menggabungkan software Android yang ada di tablet maupun smartphone. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan hasyrat developer untuk membuat aplikasi yang lebih baik lagi.

Mocrosoft dikabarkan akan merilis tablet softwarnya dengan nama Windows 8 namun tampaknya hal ini tak akan terjadi hingga musim gugud 2012 nanti. Amazon.com juga tak mau ketinggalan, sukses dengan Kindle-nya kini mereka pun berusaha untuk meluncurkan tablet untuk menyaingi Apple.

Pasar tablet akan semakin sesak karena Sony Corp dikabarkan akan merilis tablet pertama mereka beberapabulan kedepan, “Kita akan melihat para kompetitor tablet datang dan pergi. Tapi kami akan hadir dengan keselarasan hardware, software, dan kontent untuk memberikan nilai yang tinggi bagi konsumen,” demikian tandas juru bicara dari Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda