Scroll to Top

Kopi Untuk Sarapan, Sehatkah?

By C Novita / Published on Thursday, 31 Jan 2013

minum kopi untuk sarapan

Minum kopi sebagai pengganti sarapan terkadang dilakukan oleh beberapa orang yang telah terbiasa. Tanpa kopi di pagi hari, mereka mengaku kurang bertenaga dan tak dapat berkonsentrasi saat bekerja.

Namun, sebaiknya sarapan pagi tak perlu ditinggalkan hanya karena Anda telah meminum secangkir kopi. Perut yang semalaman kosong tak diisi makanan padat, ada baiknya Anda beri beberapa sendok karbohidrat atau nutrisi lain sebelum mengkonsumsi kopi. Ini tentu berguna bagi kesehatan lambung dan juga tubuh Anda sendiri.

  • Kopi tak bernutrisi

Kegiatan pagi hari tentu memerlukan energi dan nutrisi yang cukup. Padahal dalam secangkir kopi, nutrisi yang terdapat di dalamnya nyaris nihil. Bahkan jika Anda menambahkan gula atau krim pada kopi Anda, itu hanya bernilai kalori saja. Anda tetap butuh tambahan gizi lain.

  • Dampingi dengan makanan

Efek samping dari meminum kopi adalah Anda akan sering buang air kecil, karena efek diuretika nya. Ini jelas tak menyehatkan, sehingga perlu juga Anda dampingi secangkir kopi Anda dengan jenis makanan lain. Konsumsilah semangkuk makanan dengan kadar serat tinggi, semisal sereal, roti, atau sayuran. Dengan begitu, pencernaan Anda aman dan sehat.

  • Vitamin dan mineral

Tambahkan seporsi buah, selain kopi dan sereal yang Anda konsumsi. Sebuah pisang misalnya, atau sebutir jeruk. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati secangkir kopi setiap pagi, tanpa kehilangan nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda