Scroll to Top

Mauricio Pochettino Akui Tahu Kelemahan Manchester United

By Wan Faizal / Published on Thursday, 31 Jan 2013

De Gea

Meski kalah 2-1, Southampton patut bangga dengan perjuangan mereka di lapangan Old Trafford kala bertemu tuan rumah Manchester United. Dalam pertandingan itu, The Saints tampil lebih dominan dari The Red Devils. Manajer Mauricio Pochettino pun mengakui bahwa sebenarnya ia sudah paham kelemahan United. Apa itu?

David De Gea. Yap, itulah kelemahan yang dimaksud oleh Pochettino. Eks juru taktik Espanyol itu paham benar bahwa De Gea bisa membuat blunder apabila terus mendapat tekanan. Apalagi pertahanan United akhir-akhir ini memang cukup rapuh saat sering mendapat tekanan.

Analisis tersebut memang terbukti di awal pertandingan. Backpass tanggung yang dilakukan Michael Carrick gagal diamankan De Gea setelah bola diserobot lebih dulu oleh Jay Rodriguez untuk membawa tim tamu unggul 0-1 di menit ketiga.

“Tak seperti di Spanyol, para kiper di Inggris lebih sedikit mendapat perlindungan. Itu akan memberatkan tugas mereka,” ucap Pochettino.

Untungnya, sorotan pada De Gea berkurang setelah Wayne Rooney mencetak dua gol balasan di babak pertama yang membawa United unggul 2-1 di 45 menit pertama.

Di babak kedua, Soton praktis menguasai jalannya pertandingan. Berbagai usaha mereka ciptakan baik lewat open play maupun set pieces. Namun sial, di paruh kedua tersebut Soton gagal mendulang gol meski banyak menciptakan serangan. Statistik membuktikan, Soton mampu membuat 20 kali tembakan berbanding 11 milik tuan rumah.

“Bagi saya, situasi tendangan bebas di dekat gawang atau sepak pojok akan lebih memperbesar peluang terciptanya gol. Situasi seperti itu jarang terjadi di Liga Spanyol.”

Well, pernyataan Pochettino tersebut harus membuat Sir Alex Ferguson bekerja lebih keras. Maklum saja, manajer klub lain dipastikan akan mendengar “saran” dari Pochettino tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda