Scroll to Top

Tips agar Dapur Selalu Bersih Usai Memasak

By Ilham Choirul / Published on Friday, 01 Feb 2013

dapur

Memasak bukan berarti harus memberantakkan dapur. Anda bisa menjadi juru masak yang tetap memperhatikan kebersihan dapur. Caranya, Anda mesti konsisten untuk mau membersihkan segala sesuatu di dapur segera  pada saat peralatan selesai digunakan atau sampah mulai berserakan. Anda bisa melakukannya bersamaan pada waktu memasak atau setelahnya. Menyicil membersihkan dapur akan membuat beban Anda semakin ringan.

Dikutip dari Times of India, berikut ini tips agar dapur Anda senantiasa bersih usai memasak:

  1. Rencanakan dan lakukan periapan sebelum memasak. Pastikan Anda hanya mengeluarkan peralatan yang dimanfaatkan selama proses memasak dan singkirkan benda-benda yang bisa menghambat pekerjaan. Termasuk, panaskan oven saat diperlukan agar nantinya tidak membuang waktu. Persiapkan bahan-bahan dalam satu meja sehingga Anda dengan mudah bisa menjangkaunya. Dengan begitu, pekerjaan memasak Anda bisa berlangsung efektif dan efisien.
  2. Jika ada sisa bahan yang tidak ikut temasak, masukkan semuanya ke tempat yang sudah Anda sediakan. Misalnya di lemari dapur atau kulkas. Ini berguna untuk menyicil  membersihkan ruang dapur dan menghindarkan diri dari kebingungan membersihkan setelah memasak.
  3. Buang segera sampah-sampah yang ada di dapur pada tempatnya. Targetnya, sebelum Anda menyajikan menu masakan, semua sampah sudah harus disingkirkan dari dapur. Sampah potongan sayur, daging, atau bahan masakan lain bisa menimbulkan bau tidak sedap karena membusuk jika terlalu lama ditunda pembuangannya.
  4. Cuci peralatan memasak setelah dipakai. Baik itu sendok, garpu, wajan, panci, piring, dan sebagainya sebaiknya segera dicuci dan diletakkan pada tempat. Wajah dapur Anda tidak tampak berantakan setelah itu.
  5. Terakhir, bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di sekitar dapur. Misalnya kotoran minyak pada kompor, tembok yang terkena cipratan minyak, sekitar kran wastafel cuci piring, dan sebagainya. Dengan begitu, dapur Anda main bersih dan higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda