Scroll to Top

Makan Siang dan Malam di Awal Waktu Bisa Mengurangi Berat Badan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 01 Feb 2013

lunch

Anda menginginkan berat badan yang ideal? Perhatikan jam makan Anda. Sebuah studi yang dilakukan Brigham and Women’s Hospital, Tufts University, dan University of Murcia di Spanyol menemukan, waktu makan siang yang tepat dapat memiliki kontribusi terhdaap penurunan berat badan. Demikian seperti ditulis Huffington Post.

Dalam studi ini dilibatkan 420 relawan. Mereka semua memiliki kelebihan berat badan.Mereka juga diketahui memiliki asupan kalori rendah, kebiasaan tidur yang sama, dan rendahnya hormon ghrelin serta leptin.

Para relawan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk makan siang sebelum pukul 3 sore. Kelompok berikutnya diminta untuk makan siang setelah pukul 3 sore. Kedua kelompok ini lalu dibandingkan hasilnya setelah 20 minggu masa studi. Hasilnya, relawan yang makan siang sebelum jam 3 sore mendapatkan penurunan berat badan yang lebih cepat. Sementara rekan mereka yang makan setelah jam 3 sore, penurunan berat badan berjalan lebih lambat.

Pada studi lain, efek waktu makan dengan terjadinya obesitas juga ditemukan. Sebuah studi di tahun 2011 yang dilakukan Northwestern University’s Feinberg School of Medicine menemukan, pada pengamatan terhadap burung hantu malam, diketahui memiliki berat badan berlebih. Ketika dikaitkan dengan jam makan malam, makan di akhir waktu malam membuat seseorang mendapatkan kalori lebih besar saat dirinya tidur. Kalori menumpuk sembari tidur. Sementara pada orang yang makan malam di awal waktu, kalori dari makanannya sudah berkurang karena adanya aktivitas selama jeda antara makan malam dengan tidur malam.

Rata-rata, orang memiliki 825 kalori saat makan malam. Kalau seseorang makan malam menjelang tidur, dia membawa 825 kalori tersebut saat terlelap. Jika makan malam dilakukan di awal waktu, kalori yang dibawa saat tidur sudah berkurang hingga mencapai rata-rata 630 kalori.

Namun, jika menginginkan berat badan turun lebih signifikan, jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi juga mesti diperhatikan. Termasuk pula, jangan tinggalkan sarapan agar makan siang Anda tidak menjadi berlebihan porsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda