Scroll to Top

Komputer Antik dengan Kecepatan 10 MHz ini Dijual Rp 30 Juta Lebih

By Ditya / Published on Saturday, 02 Feb 2013
komputer tua 10mhz
Texas Instruments TI-99/8

Sebuah komputer antik dan cukup langka, yakni komputer Texas Instruments TI-99/8 yang ditenagai oleh prosesor dengan kecepatan 10MHz ini dijual di situs lelang online eBay dengan harga mencapai USD $3.240 atau sekitar Rp 30 jutaan lebih.

Hal yang unik dalam dunia teknologi adalah harga mahal untuk perangkat dengan teknologi terbaru dan perangkat dengan teknologi yang sangat tua atau antik. Dengan uang sebesar Rp 30 jutaan, pengguna dapat membeli sebuah komputer gaming kelas berat atau mendapatkan sebuah komputer antik yang langka seperti Texas Instruments TI-99/8 ini.

Komputer Texas Instruments TI-99/8 dijual dengan harga mahal karena komputer ini antik dan cukup langka di zamannya. Komputer Texas Instruments TI-99/8 ini merupakan prototipe komputer yang dirancang untuk bersaing dalam perebutan posisi penting di era awal tahun 1980-an.

Komputer dengan kecepatan prosesor 10Mhz ini dirilis di ajang Consumer Electronic Show (CES) tahun 1983 dan hanya 150 unit komputer Texas Instruments TI-99/8 yang dibuat.

Komputer Texas Instruments TI-99/8 ini ditenagai oleh prosesor dengan kecepatan 10MHz yang didalamnya telah dibenamkan Extended BASIC II yang didukung dengan memori RAM sebesar 64KB yang dapat ditambah hingga maksimal 15MB.

Seperti yang dilansir dari CNET (01/02/2013), komputer Texas Instruments TI-99/8 ini cukup langka di zamannya, komputer Texas Instruments TI-99/8 ini dihargai cukup mahal.

Tentu saja komputer Texas Instruments TI-99/8 tidak bisa dibandingkan dengan komputer masa kini yang ditenagai prosesor multi-core yang berlari dengan kecepatan GHz. Komputer Texas Instruments TI-99/8 memiliki nilai ‘antik’ dan langka sehingga harganya pun cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda