Scroll to Top

Facebook Card, Kartu Fisik Uang Elektronik Belanja di Dunia Nyata

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 02 Feb 2013

FB Cards

Facebook everywhere‘. Mungkin istilah ini akan segera tersemat ke jejaring sosial populer besutan Mark Zuckerberg. Lusa lalu, mereka merilis Facebook Card. Sejenis kartu fisik uang elektronik yang bisa digunakan untuk belanja di dunia nyata.

Google, salah satu raksasa perusahaan internet di muka bumi miliki layanan super komplet. Mulai mesin penelusuran, musik, email, video, jejaring sosial, peta, wallet, dokumen, kacamata, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa hingga muncul istilah ‘Google everywhere‘. Seakan raja search engine ini ingin meng-Google-kan segala aktivitas manusia di muka bumi.

Nah Facebook sepertinya sedang bergerak ke arah yang sama. Roh FB sejatinya hanya social network. Hanya itu tak lebih. Namun kini mereka miliki layanan beragam. Yang terbaru, Facebook rilis mesin pencari. Kini, mereka makin serius menggarap ecommerce dengan merilis Facebook Card.

Secara sederhana Facebook Card sejenis alat pembayaran, kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk belanja di merchant yang telah berkerjasama dengan Facebook. Kartu ini bisa diisi ulang dengan pengaturan limit suka-suka.

Misalkan saja di merchant ‘Toko A’ Anda mengizinkan limit hingga sekian ratus dolar, atau di ‘Toko B’ hingga sekian ribu dolar. Hampir serupa dengan kartu pembayaran lain yang banyak beredar saat ini.

Jumlah saldo dan notifikasi lainnya bisa dicek dan diterima pemberitahuannya oleh pengguna di aplikasi perangkat mobile. Sayangnya kartu ini sementara masih tersedia di AS. Untuk wilayah di luar Amerika, pengguna harap bersabar.

Nah kira-kira apa lagi yang akan dilakukan Mark Zuckerberg untuk wujudkan ‘Facebook everywhere’? Inovasi dan terobosan apa saja yang akan ditempuh CEO terbaik ini? Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda