Scroll to Top

Kombinasi Menu dengan 4 Jenis Nasi Ini

By C Novita / Published on Saturday, 02 Feb 2013

4 jenis nasi

Makanan pokok beberapa negara di Asia adalah nasi. Nasi merupakan sumber karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, zat besi, juga sedikit protein. Karena ditanam di beberapa negara berbeda, nasi atau beras memiliki beberapa jenis yang rasa dan kandungan gizinya beragam.

Mengkombinasikan jenis nasi tersebut dalam menu tentu bermanfaat bagi kesehatan, selain juga menambah selera. Dilansir oleh Boldsky, berikut ini 4 jenis beras atau nasi yang bisa Anda coba:

  • Beras merah/nasi merah

Sebenarnya warna asli beras ini sedikit kecoklat-coklatan, dan memiliki tekstur kasar. Namun warna yang berbeda ini ternyata menyimpan nutrisi tinggi semisal vitamin B (tiamin), niacin, vitamin B6, kalsium, protein, vitamin K dan tentu saja karbohidrat. Karena teksturnya yang kasar, beras merah kaya serat yang baik untuk kesehatan usus, menyembuhkan diare, serta membersihkan darah kotor yang menyebabkan penyakit bisul dan jerawat.

  • Beras liar

Beras liar berasal dari tumbuhan padi jenis yang tak dibudidaya seperti padi biasa. Banyak terdapat di Amerika Utara, dan mengandung asam omega 3. Beras ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah. Aroma dan rasanya khas serta berbeda dari jenis pada biasa.

  • Beras Hitam

Beras jenis ini di negara asalnya, China, dikenal sebagai forbidden rice. Warnanya yang hitam adalah ciri dari banyaknya kandungan zat besi, antioksidan, serta anthorcyanin atau zat anti kanker.

  • Beras merah Bhutan

Konon, beras merah Bhutan dibuat dengan cara menanam ragi merah pada beras putih, lalu dihaluskan. Mengkonsumsi beras merah ini dapat menurunkan kadar kolesterol, kadar LDL, dan trigliserida.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda