Scroll to Top

BlackBerry 10 Gunakan 40% Komponen Library Milik Android?

By Ditya / Published on Saturday, 02 Feb 2013
BlackBerry Q10
BlackBerry Q10

Sistem operasi BlackBerry 10 telah secara resmi dirilis 30 Januari lalu. Kabarnya, sistem operasi terbaru besutan BlackBerry ini 40% menggunakan komponen library dari sistem operasi lain yang merupakan pesaing kuatnya, yakni Android.

Hal ini diperkuat dengan kabar bahwa aplikasi Android dapat dengan mudah di repackaged atau dikonversi menjadi aplikasi untuk BlackBerry 10. Tak heran bahwa sebagian aplikasi BlackBerry 10 yang kini telah mencapai 70.000 aplikasi ini berasal dari aplikasi Android yang dikonversi atau di kompilasi ulang untuk platform BlackBerry 10.

Desainer sistem operasi BlackBerry UX yang merupakan cikal bakal BlackBerry 10, Don Lindsay ini mngatakan pada PC Mag bahwa tingkat konversi aplikasi dari Android ke BlackBerry 10 menggunakan BlackBerry Android Toolset cukup tinggi.

Hal ini menguntungkan bagi pengmbang aplikasi Android yang dapat menghadirkan aplikasi yang sama untuk sistem operasi BlackBerry 10 tanpa harus melakukan pengembangan ulang atau porting aplikasi dari Android ke BlackBerry 10.

Pengembang aplikasi Android dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi untuk BlackBerry 10 menggunakan basis APK dengan bantuan sebuah tool tertentu dan menghasilkan sebuah file BAR yang akan dengan mudah dijalankan di BlackBerry 10. Tentu ini merupakan modal bagi BlackBerry 10 untuk menarik pengembang.

File hasil konversi aplikasi ini akan terlihat aneh dan beberapa kontrol terlihat sulit bagi pengembang yang telah terbiasa dengan Android, tapi belum terbiasa bekerja dengan sistem operasi BlackBerry 10.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (30/01/2013), kemudahan dalam konversi aplikasi dari sistem operasi Android ke BlackBerry 10 ini tentu menimbulkan pertanyaan, apakah ada kemiripan dalam ‘jeroan’ kedua sistem operasi ini? Entahlah, beberapa orang berpendapat bahwa BlackBerry 10 menggunakan sekitar 40% komponen library yang sama dengan Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda