Scroll to Top

Toshiba akan Gunakan Nvidia Tegra 4 untuk Tablet dan Smartphone?

By Ditya / Published on Sunday, 03 Feb 2013

Toshiba AT300SE

Toshiba dikabarkan tertarik menggunakan chipset terbaru Nvidia Tegra 4 yang diklaim sebagai prosesor mobile tercepat di dunia ini untuk jajaran produk tablet dan smartphone. Banyak yang menilai bahwa prosesor termutakhir besutan Nvidia ini kurang menarik produsen smartphone dan tablet untuk menggunakannya.

Meski dianggap kurang menarik produsen, hal tersebut tak berlaku bagi Toshiba. Produsen asal Jepang ini dikabarkan tertarik untuk mengadopsi Nvidia Tegra 4 sebagai dapur pacu tablet dan smartphone besutan Toshiba.

Nvidia Tegra 4 ini terdiri dari 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 dengan kecepatan yang belum diketahui. Meski mengsusung pola yang sama dengan Tegra 3, kemampuan Tegra 4 ini jauh lebih perkasa berkat penggunaan arsitektur ARM Cortex-A15 terbaru seperti yang digunakan pada tablet Nexus 10.

Sebagai produsen grafis terkemuka, Nvidia tak tanggung-tanggung membekali grafis Tegra 4. Grafis geForce ULP yang digunakan Tegra 4 memiliki 72 CUDA core, meningkat 6 kali lipat dari Tegra 3 yang hanya dibekali 12 core grafis. Performa grafis yang dihasilkan Tegra 4 tentu akan meningkat signifikan.

Meski spesifikasi yang ditawarkan oleh Tegra 4 ini cukup menjanjikan dari segi performa, namun kehadiran pesaing kuat seperti Qualcomm Snapdragon dan MediaTek ini tampaknya membuat Tegra 4 kesulitan.

Selain Toshiba, Asus dan Acer dikabarkan juga tertarik mengadopsi prosesor Nvidia Tegra 4 ini untuk produk tablet besutan mereka. Sayangnya, sumber lain menyebutkan bahwa Asus masih memprioritaskan Qualcomm dan menggunakan Tegra 4 sebagai cadangan atau back-up saja.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (02/02/2013), Toshiba sebelumnya pernah menggunakan Nvidia Tegra 3 untuk jajaran produknya, dan kini tampaknya ingin melanjutkannya dengan menggunakan Tegra 4.

Sayangnya, tak disebutkan produk apa yang nantinya akan ditenagai oleh tablet Nvidia Tegra 4 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda