Scroll to Top

Valencia vs Barcelona 1-1: Jarak 16 Angka dari Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 04 Feb 2013

Valencia vs Barcelona 1-1

Barcelona cuma bermain imbang meskipun Lionel Messi mencetak gol. Bertandang ke Mestalla pada Senin, 4 Februari 2013 pukul 01.00 WIB, El Barca yang menargetkan jarak 18 poin dari Real Madrid, harus puas dengan hasil pertandingan Valencia vs Barcelona skor 1-1. Ever Banega sempat membuat El Che unggul, tapi Lionel Messi membatalkan hal tersebut melalui penaltinya. Hasil Liga Spanyol ini membawa Barcelona unggul 16 poin dari Real Madrid ketika La Liga sudah memasuki pekan ke-22.

Menghadapi Barcelona di Mestalla, Ernesto Valverde dengan jitu memainkan skema 4-2-3-1-nya. Mengandalkan seorang Roberto Soldado di depan, Los Che juga memainkan duo Victor Ruiz dan Tino Costa sebagai gelandang bertahan. Sesuatu yang kelak mampu memampatkan kinerja lini tengah Barcelona yang dipimpin sang jenderal Xavi Hernandez. Di barisan depan Barca, Pedro Rodriguez dan Andres Iniesta menemani Lionel Messi.

Sepanjang babak pertama, Valencia menerapkan permainan yang menarik. Dengan tujuh hingga delapan orang yang melindungi areal pertahanan, Los Che bisa mengawal Barca yang seperti biasa, memiliki ball possessions di atas rata-rata. Tak lupa, Pasukan Kelelawar menghibur Mestalla dengan beberapa peluang. Mulai dari Roberto Soldado (’18) dan Tino Costa (’22).

Namun, gol baru hadir setelah setengah jam. Umpan silang Soldado ke tengah kotak penalti bisa ditanduk oleh Gerard Pique. Tapi Ever Banega hadir untuk menempatkan bola ke sudut kanan gawang Victor Valdes. 1-0 di menit 33 dan Valencia cukup layak unggul.

Sayangnya hal itu tak bertahan lama. Lima menit berselang, Pedro Rodriguez dijatuhkan oleh bek kanan Joao Pereira di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan Lionel Messi menuntaskan tugasnya dengan baik. Sekaligus membuat dirinya mencetak gol dalam 12 pertandingan liga berturut-turut.

Babak kedua keadaan belum banyak berubah. Sementara Soldado membuang peluang di menit 51, demikian pula Cesc Fabregas pada menit 55. Umpan terobosan brilian dari Lionel Messi, dilanjutkan tembakan Cesc yang membentur sisi kanan gawang Vicente Guaita.

Setelah penyelamatan gemilang Victor Valdes di menit 68, Barca kemudian menghadirkan David Villa, sang pahlawan Valencia beberapa tahun lalu. Menerima applaus dari Mestalla, Villa nyaris saja mencatatkan namanya dalam papan skor memanfaatkan umpan Dani Alves di menit 77. Sayang, tendangannya masih melebar.

Barca masih saja mengurung pertahanan Valencia di menit-menit terakhir pertandingan. Namun gol seperti enggan hadir. Sementara, blunder Gerard Pique nyaris saja membuat pasukan Jordi Roura tumbang. Beruntunglah Victor Valdes sigap menepis tembakan Soldado yang dilepaskan dari jarak dekat di menit 88.

Skor akhir 1-1 untuk kedua tim. Dan Barcelona mengambil keuntungan jarak 16 poin dari Real Madrid.

Valencia (4-2-3-1): Guaita; Joao, Rami, Ricardo Costa, Cissokho; V. Ruiz, Tino Costa; Bernat (Pablo Piatti ’70), Banega (Canales ’64), Guardado ( Jonas ’87); Soldado.

Barcelona (4-3-3): Valdes; Dani Alves, Pique, Mascherano (Puyol ’55), Jordi Alba; Fabregas (David Villa ’73), Busquets, Xavi (Thiago ’91); Iniesta, Messi, Pedro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda