Scroll to Top

Real Madrid Terkena Kutukan Andalusia

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 04 Feb 2013

Real Madrid Terkena Kutukan Andalusia

Real Madrid baru saja tumbang 1-0 di tangan Granada. Ini adalah kekalahan kelima mereka di Liga Spanyol musim ini. Sekaligus kekalahan kelima pula dalam laga tandang. Dan, sebuah kebetulan unik terjadi. Empat dari lima tim yang yang menekuk Los Blancos, berasal dari Andalusia: Sevilla, Real Betis, Malaga, dan terakhir Granada.

Minggu, 3 Februari 2012 lalu, sebuah rekor pahit terukir bagi Cristiano Ronaldo. Ia menjadi satu-satunya pemain yang menjebol semua gawang tim di Liga Spanyol, tak terkecuali gawang klub sendiri. Real Madrid yang tak bertenaga, meluncur ke titik terbawah ketika dibekap Granada dengan cara demikian. Dan berantakanlah sudah rekor tandang pasukan Jose Mourinho musim ini. 12 kali menjalani laga di luar Santiago Bernabeu, Los Merengues cuma mencatatkan lima kemenangan, dua hasil seri, dan lima kali tumbang. Kontras ketika Madrid bermain di kandang, delapan kali menang dan dua kali imbang.

Dan entah mengapa, klub-klub asal Andalusia menjadi musuh paling menyakitkan bagi Los Blancos. Barcelona saja cuma bisa bermain imbang 1-1 dengan Real Madrid. Tapi yang dilakukan oleh empat tim dari wilayah selatan Spanyol ini luar biasa. Mereka terlalu banyak dengan kejadian musim lalu. Kala itu Sevilla dihajar 2-6, Real Betis ditelan 2-3, Granada dihajar 1-2, dan Malaga digempur habis-habisan 0-4. Namun kini, keempat tim yang menjadi tempat Los Blancos meraup 12 poin ini bergantian menumbangkan mereka satu demi satu.

Mulai dari Sevilla yang merontokkan Madrid 1-0 di bulan September. Kemudian, Real Betis yang menciptakan skor serupa kala menjamu Los Blancos di bulan November. Malaga, tampil luar biasa untuk menggulung pasukan Jose Mourinho 3-2 di akhir tahun lalu. Dan kini giliran Granada yang menyikat mereka 1-0. Satu-satunya tim non Andalusia yang mengalahkan Madrid adalah rival sekota, Getafe (2-1).

Jika dihitung, maka Real Madrid sudah kehilangan 19 poin dalam laga tandang. Bukan catatan mengesankan jika dibandingkan dengan musim lalu, kala mereka begitu superior di luar Santiago Bernabeu. Kini, tak hanya jarak dengan Barcelona yang melebar ke 16 poin. Interval dengan rekan sekota, Atletico, juga merentang pula. Apakah bendera putih untuk kesekian kalinya harus dikibarkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda