Scroll to Top

Google Glass Dilengkapi WiFi, Bluetooth 4.0 & Teknologi Bone Conduction

By Ditya / Published on Monday, 04 Feb 2013
Google Glass
Google Glass

Google telah mengajukan kacamata pintar Google Glass Explorer Edition ke FCC sebelum dijual ke kalangan pengembang. Kacamata canggih yang awalnya disebut dengan Project Glass ini dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth 4.0, dan teknologi bone conduction.

Teknologi bone conduction adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik atau suara tanpa harus menggunakan headphone atau headset yang menutup lubang telinga. Hal ini akan membuat pengguna tetap mendengar suara disekitarnya meski sedang mendengarkan musik melalui teknologi ini.

Sebenarnya teknologi bone conduction bukanlah teknologi baru, hanya saja sampai saat ini masih jarang ada yang menggunakan teknologi bone conduction ini untuk pengganti headphone atau headset.

Solusi teknologi bone conduction sebenarnya memiliki banyak kelebihan, hanya saja kurang populer. Jika memang benar versi final dari Google Glass tetap menggunakan teknologi bone conduction, tentu tak lama lagi akan membuat bone conduction menjadi populer.

Lalu, bagaimana cara kerja teknologi bone conduction ini? Suara akan disalurkan oleh alat yang ditempelkan di tulang telinga. Alat tersebut akan mengalirkan suara dalam bentuk getaran ke tulang telinga, sehingga pengguna dapat mendengarkan musik tanpa harus menutup lubang telinga.

Pertanyaan pun muncul di kalangan penikmat musik, apakah teknologi bone conduction mampu menghasilkan kualitas suara sehebat headphone atau earbud konvensional? Entahlah, hal ini masih belum terungkap.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/02/2013), Google Glass pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu di ajang Google I / O. Pengembang dapat mencoba kacamata futuristik ini dengan melakukan pre-order Google Glass dengan harga USD $1.500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda