Scroll to Top

BlackBerry 10 akan Terjual 20 Juta Unit Hingga Akhir Tahun 2013, Menurut Analis

By Ditya / Published on Monday, 04 Feb 2013

BlackBerry Q10

BlackBerry 10 diperkirakan akan terjual sebanyak 20 juta unit saja hingga akhir tahun 2013. Hal ini dikemukakan oleh seorang analis senior, yakni Aapo Markkanen dari lembaga riset ABI Research.

Tak hanya BlackBerry 10, ABI Research juga memperkirakan bahwa smartphone Windows Phone akan mencapai 45 juta unit hingga akhir tahun 2013 ini. Perusahaan juga memperkirakan bahwa BlackBerry 10 dan Windows Phone akan bertarung untuk memperebutkan tempat ketiga di pasar smartphone yang dikuasai oleh Android dan Apple iOS.

Angka 20 juta unit untuk penjualan BlackBerry 10 tentu bukanlah angka yang terlalu besar jika dibandingkan dengan penjualan Samsung Galaxy S3 atau Apple iPhone. Namun, hal ini disebabkan karena BlackBerry 10 perlu waktu untuk menarik perhatian konsumen.

“Ketakutan terbesar untuk Microsoft dan BlackBerry adalah bahwa penjualan awal smartphone mereka akan mengecewakan dan dengan demikian akan membunuh kepentingan pengembang, yang kemudian secara efektif akan menutup jendela kesempatan pada kesuksesan penjualan lebih lanjut,” kata analis senior ABI Research, Aapo Markkanen.

Faktor lain yang akan menjadi penghalang bagi Windows Phone atau BlackBerry 10 adalah hadirnya beberapa sistem operasi baru yang akan menggebrak pasar tahun ini, sebut saja Firefox OS, Samsung Tizen, dan Sailfish OS.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (03/02/2013), saat ini 57 persen pasar smartphone dikuasai oleh Android, kemudian disusul Apple iOS dengan menguasai 21 persen, dan hanya meninggalkan sisa 22 persen pasar untuk diperebutkan oleh Windows Phone, BlackBerry 10, dan Firefox OS.

Platform BlackBerry 10 telah diluncurkan BlackBerry pada 30 Januari lalu bersamaan dengan kehadiran 2 smartphone baru berbasis BlackBerry 10, yakni BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 yang akan menjadi senjata utama BlackBerry untuk menggebrak pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda