Scroll to Top

Stres? Makanan Ini Bisa Meredakannya

By C Novita / Published on Monday, 04 Feb 2013

makanan anti stres

Stres adalah masalah kesehatan yang mudah sekali menjangkiti masyarakat di perkotaan. Jangan terburu-buru mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan stres yang Anda rasakan. Konsumsi saja beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi berikut ini, untuk meredakan stres Anda.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 telah banyak digunakan untuk meredakan stres yang dialami oleh seseorang, juga menangkal depresi. Manfaatnya adalah memicu terbentuknya hormon serotonin, yaitu hormon yang membantu memberi efek menenangkan. Dapat diperoleh dari buah alpukat, pisang, buncis, ikan-ikanan terutama tuna, kacang hijau, serta kentang panggang dengan kulitnya.

  • Vitamin B12

Manfaatnya mirip dengan yang didapat jika mengkonsumsi vitamin B6, namun ia memicu terbentuknya GABA yaitu sejenis nurotransmitter yang efeknya mirip dengan serotonin, menenangkan. Sumbernya adalah susu, yogurt bebas lemak, ikan salmon dan sarden, ayam (kampung), serta kerang.

  • Folat (Folic Acid)

Asam folat dapat membentuk dopamin, yang juga berfungsi sebagai neurotransmitter yang berfungsi memperbaiki suasana hati. Sumbernya adalah oatmeal, jeruk, buncis, asparagus, dan sayuran berwarna hijau gelap.

  • Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium membantu otot menjadi rileks dan juga memproduksi GABA dan dopamin. Ini bermanfaat memperbaiki mood dan menjauhkan stres. Sumber makanannya adalah almond kacang, bayam, kuaci bunga matahari, tahu, dan beras merah.

  • Vitamin C

Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melawan kerusakan sel otak, dan bisa diperoleh dari berbagai jenis sayur dan buah dengan warna merah, ungu, kuning, dan hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda