Scroll to Top

Microchip 3D Pertama di Dunia Berhasil Diciptakan Ilmuwan

By Ditya / Published on Monday, 04 Feb 2013

Microchip 3D

Tim ilmuwan dari University of Cambridge telah berhasil menciptakn microchip 3D pertama di dunia. Microchip 3D memungkinkan untuk mengalirkan informasi secara 3 dimensi. Penelitian ini dipublikasikan tanggal 31 Januari 2013 lalu.

“Chip hari ini seperti Bungalow – segala sesuatu terjadi di lantai yang sama. Kami telah menciptakan tangga memungkinkan informasi untuk melewati beberapa lantai,” kata Dr Reinoud Lavrijsen, penulis paper di University of Cambridge.

Para peneliti percaya bahwa di masa depan microchip 3D akan memungkinkan kapasitas penyimpanan tambahan pada chip dan memungkinkan informasi yang akan tersebar di beberapa lapisan bukannya dipadatkan menjadi satu lapisan, seperti yang saat ini terjadi.

Para ilmuwan University of Cambridge menggunakan microchip jenis khusus yang disebut dengan chip Spintronic. Chip Spintronic ini akan mengeksploitasi momen magnetik elektron kecil atau ‘spin’.

Chip spintronic semakin banyak digunakan dalam komputer, dan secara luas diyakini bahwa dalam beberapa tahun ke depan chip spintronic akan menjadi chip memori standar.

“Ini adalah contoh yang bagus dari kekuatan ilmu material canggih. Secara tradisional, kita akan menggunakan serangkaian transistor elektronik untuk memindahkan data seperti ini.”

“Kami telah mampu mencapai efek yang sama hanya dengan menggabungkan unsur-unsur dasar yang berbeda seperti kobalt, platina dan ruthenium. Ini adalah cara abad ke-21 hal-hal bangunan. Memanfaatkan kekuatan elemen dasar dan bahan untuk memberikan fungsi built-in “, kata Professor Russell Cowburn.

Seperti yang dilansir dari Cam.ac.uk (31/01/2013), microchip 3D ini akan membawa perubahan besar di era elektronik saat ini. Penggunakan microchip 3D mampu mengakomodasi peningkatan daya simpan dalam sebuah chip memori. Ini berarti, di masa depan kapasitas memori akan semakin besar dengan chip yang semakin kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda