Scroll to Top

2 Juta Akun Facebook Palsu Beredar di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 05 Feb 2013

FB Palsu

Menjadi rahasia umum jika akun palsu di Facebook jumlahnya tidak sedikit. Akun fake ini seakan tak miliki rem. Mati satu tumbuh seribu. Terus bermunculan tanpa batas. Menurut situs All Facebook, di Indonesia, beredar 2 juta akun Facebook palsu.

Pada bulan Agustus 2012 lalu, terindikasi jika 8,7% akun Facebook yang ada dicurigai palsu. Dengan prosentase ini, maka tak kurang 83 juta pengguna FB tampilkan informasi tidak benar.

Facebook pun tidak terima dengan tudingan ini. Mereka langsung lakukan upaya bersih-bersih sebulan kemudian atau September 2012. Tak hanya profil yang diberangus. Laman dan jempol palsu pun turut diciduk.

Facebook menyakini jika pengguna duplikat, atau pengguna yang miliki akun ganda keberadaannya hanya 5% pada kuartal keempat 2012. Bulan lalu, Facebook memerbaiki masalah ini. Mereka menghapus profil ‘abal-abal’ secara massal.

Menariknya, Indonesia di urutan kedua negara dengan jumlah akun paling banyak berkurang akibat aksi bersih-bersih Facebook. Tak kurang dalam kurun 1 tahun, pengguna FB Indonesia turun hingga 4,33%.

Dengan prosentase demikian Indonesia kehilangan 2,2 juta pengguna. AS di urutan pertama dengan kehilangan 3 juta pengguna disusul Jepang (1 juta), Korea Selatan (739 ribu), Nigeria (722 ribu), Afrika Selatan (586 ribu), UK (487 ribu), India (410 ribu), Rusia (291 ribu), dan Spanyol (216 ribu).

Akun FB palsu dibuat berdasarkan pelbagai sebab. Ada yang sengaja, ada pula yang tidak sengaja. Misalkan saja pengguna yang memutuskan buat akun baru sebab ia tak mengetahui cara delete permanen akun FB. Kasus-kasus ini sering dikeluhkan oleh beberapa pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda