Scroll to Top

Raspberry Pi Versi Murah Diluncurkan

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Feb 2013
Raspberry Pi Model A
Raspberry Pi Model A

Pelopor komputer mini, Raspberry Pi, telah meluncurkan versi murahnya di Eropa. Sejak awal kehadirannya, Raspberry Pi Foundation telah mengumumkan bahwa komputer mini Raspberry Pi akan tersedia dua varian, yakni Model A dan Model B.

Raspberry Pi yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu adalah Raspberry Pi Model B yang dijual dengan harga yang cukup murah, yakni USD $35. Kini muncul Raspberry Pi dengan harga yang lebih murah lagi, yakni Raspberry Pi Model A yang dijual dengan harga USD $25, terpaut USD $10 dari Model B.

Secara umum, spesifikasi Raspberry Pi Model A ini tak jauh beda dengan Raspberry Pi Model B, yakni ditenagai prosesor ARM11 dengan kecepatan 700MHz single-core dan dilengkapi berbagai fitur standar seperti slot SD card, port HDMI, dan port USB.

Perbedaan yang terlihat dari Raspberry Pi Model A dan Model B ini adalah dipangkasnya fitur dan kelengkapan pada Raspberry Pi Model A, Komputer mini Raspberry Pi Model A tak dilengkapi port Ethernet dan hanya memiliki satu port USB serta memori RAM sebesar 256MB.

Berdasarkan keterangan dari blog resminya, Raspberry Pi Model A ini ditujukan pada pasar yang berbeda dengan Raspberry Pi Model B yang telah meluncur lebih dulu. Raspberry Pi Model A ditujukan pada pengguna yang menginginkan membuat proyek dengan ditenagai baterai atau tenaga matahari melalui solar cell.

Blog resminya juga mengklaim bahwa Raspberry Pi Model A ini hanya mengonsumsi daya sepertiga dari Raspberry Pi Model B yang telah terjual sebanyak 1 juta unit dan menghasilkan berbagai proyek kreatif.

Seperti yang dilansir dari CNET (04/02/2013), Raspberry Pi Model A saat ini baru tersedia untuk pasar Eropa dan belum ada informasi resmi dari Raspberry mengenai ketersediaan Raspberry Pi Model A untuk wilayah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda