Scroll to Top

Firefox OS akan Diluncurkan Mozilla di Ajang MWC 2013?

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Feb 2013
Firefox OS smartphone
Firefox OS Smartphone

Mozilla dikabarkan akan secara resmi meluncurkan sistem operasi mobile besutan mereka, Firefox OS, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 yang akan dilaksanakan akhir bulan Februari 2013 ini. Pembesut browser Firefox ini akan mulai merambah pasar smartphone melalui Firefox OS.

Firefox OS adalah proyek sistem operasi mobile untuk smartphone besutan Mozilla yang awalnya disebut dengan Boot2Gecko (B2G) yang menggabungkan kernel Linux sebagai inti sistem operasi, mesin randering Gecko, dan standar HTML5 untuk standar tampilan antarmuka.

Sebelumnya, Mozilla telah merilis Firefox OS emulator dan dua smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Firefox OS, yakni Peak dan Keon. Kedua smartphone berbasis Firefox OS ini memang tak dijual untuk umum, melainkan untuk kalangan pengembang aplikasi.

Smartphone Peak dan kean ini telah mendukung jaringan 3G dan HSPA. Peak ditujukan untuk pasar kelas menengah atas, sedangkan Keon ditujukan untuk pasar kelas menengah kebawah.

Mozilla FFX

Sistem operasi Firefox OS ini akan mencoba menggebrak pasar smartphone yang selama ini dikuasai oleh Android dan Apple iOS. Smartphone Firefox OS untuk pasar konsumen juga dikabarkan akan meluncur tahun ini.

ZTE, produsen ponsel asal China ini berkomitmen untuk menghadirkan smartphone Firefox OS tahun ini dan Brasil akan menjadi negara pertama yang akan mencicipi smartphone komersial pertama berbasis Firefox OS.

Seperti yang dilansir dari CNET (04/02/2013), jalan yang akan dilalui oleh sistem operasi Firefox OS tentu tak akan mulus. Sistem operasi besutan Moxilla ini akan berhadapan dengan lawan-lawan tangguh seperti BlackBerry 10 dan Windows Phone 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda