Scroll to Top

BlackBerry 10 Kurang Cocok untuk Pasar Indonesia, Menurut IDC

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Feb 2013
BlackBerry Q10
BlackBerry Q10

BlackBerry telah secara resmi merilis sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 januari 2013 lalu bersama dua smartphone berbasis BlackBerry 10, yakni BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Namun, menurut IDC, kedua smartphone berbasis BlackBerry 10 kuranng cocok untuk pasar Indonesia, mengapa?

ABI Research menyabutkan bahwa BlackBerry masih mendominasi setengah pasar smartphone Tanah Air meski perlahan-lahan Android mulai mengejar. Meski demikian, BlackBerry hanya mampu meraih pasar sebesar 5,3% secara global.

Pasar Indonesia merupakan pasar yang besar untuk smartphone BlackBerry, bahkan Indonesia sempat dijuluki BlackBerry Nation atau Negara BlackBerry karena banyaknya pengguna BlackBerry di Indonesia. Lantas, mengapa IDC mengatakan bahwa BlackBerry 10 tak cocok untuk Indonesia?

Lembaga riset pasar IDC mengatakan bahwa selama ini yang menggerakkan pasar BlackBerry di Indonesia adalah varian murah smartphone BlackBerry, yakni BlackBerry Curve 8520 Gemini dan BlackBerry 9220 Davis.

Mungkin karena alasan yang diungkapkan oleh IDC inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi prioritas utama BlackBerry untuk meluncurkan smartphone BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10.

Harga smartphone BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 masih cukup mahal, sehingga dinilai masih belum cocok untuk mengangkat penjualan BlackBerry di Indonesia yang mayoritas masih memilih smartphone kelas menengah.

“Memang tidak hanya India dan Indonesia yang mempunyai pasar besar, tetapi dalam hal pertumbuhan ponsel di masa depan, BlackBerry berada di dua negara yang paling potensial. Tapi, dua perangkat BB10 kurang cocok dengan kebutuhan di kedua pasar,” kata Melissa Chau, manajer riset senior IDC di Singapura, seperti yang dilansir dari Viva (04/02/2013).

Smartphone BlackBerry Z10 sendiri diperkirakan memasuki pasar Indonesia pada bulan Maret mendatang, sedangkan BlackBerry Q10 belum ada kepastian yang jelas kapan akan masuk ke pasar Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda