Scroll to Top

Timnas Inggris: Ashley Cole Tatap 100 Caps

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 05 Feb 2013

Cole-Hodgson

Sebuah capaian istimewa akan diukir Ashley Cole andai ia dimainkan manajer Roy Hodgson dalam laga Timnas Inggris vs Timnas Brazil di Stadion Wembley tengah pekan ini. Bek berusia 31 tahun itu bisa mencatat penampilannya yang ke-100 di pertandingan tersebut.

Mengawali debut pada Maret 2001 saat menang 1-3 atas Albania di Kualifikasi Piala Dunia 2002 Zona Eropa, Cole lantas bisa bermain konsisten dan bertahan hingga saat ini, meski tak sedikit bek kiri potensial yang dimiliki Inggris.

Fakta bahwa Cole akan menjadi fullback pertama di Inggris yang akan mencapai 100 penampilan membuat dirinya banjir akan pujian, termasuk dari rekannya di timnas.

“Ia telah melakukan pekerjaan yang fantastis dan ingin meraih penampilannya yang ke-100. Ia adalah pemain terbaik dunia di posisinya dalam 10 tahun terakhir. Ashley telah berubah menjadi pemain yang spesial dalam beberapa tahun terakhir bagi klub dan negara,” puji Glen Johnson.

“Diluar lapangan, Ashley adalah salah satu orang yang ingin kamu temui. Ia rendah hati dan tak sungkan bercanda dengan yang lainnya. Pertandingan nanti akan menjadi malam yang spesial baginya.”

Beda lagi dengan apa yang diutarakan oleh Theo Walcott mengenai Cole. Sering berhadapan di lapangan sebagai musuh membuat Walcott memuji Cole sebagai bek kiri yang paling tangguh yang pernah ia temui.

Cole-Albania
Debut Cole versus Albania, Maret 2001

“Mendapatkan 100 pertandingan membuktikan ia pemain yang konsisten. Ash sangat bagus dalam membaca pertandingan dan senang mempelajari lawan yang akan ia hadapi. Ia sangat percaya diri dan itu yang membuatnya hebat.”

“Sangat sulit bermain melawan Ash, atau bahkan ia adalah bek kiri tertangguh yang pernah saya hadapi di lapangan. Menyusul kemudian adalah Leighton Baines.”

“Namun dalam beberapa pertemuan terakhir, saya pikir saya bisa mengunggulinya. Mungkin karena ia sudah kehilangan kecepatan, atau mungkin kecepatan lari saya yang bertambah,” canda pemain milik Arsenal tersebut.

Andai Cole benar-benar mendapatkan pertandingannya yang ke-100 bersama Inggris, maka akan terdapat dua pemain yang masih aktif yang menyandang 100 caps. Satu lagi adalah Steven Gerrard yang pada pertandingan terakhir kontra Swedia, November 2012 lalu, mampu mengemas milestone.

Cole juga akan menjadi pemain ketujuh sepanjang sejarah Timnas Inggris yang bisa mencapai jumlah itu. Enam pemain sebelumnya adalah Peter Shilton (125), David Beckham (115), Bobby Moore (108), Bobby Charlton (106), Billy Wright (205), dan Steven Gerrard (100).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda