Scroll to Top

Instagram Rilis News Feed, Mirip Beranda Facebook

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

Instagram News Feed

Men-Facebook-kan Instagram. Mungkin itu yang ada di benak Mark Zuckerberg tatkala menggelontorkan USD 1 miliar sebabagai ‘mahar’ akuisisi. Jejaring sosial berbasis foto ini kian dekat dengan gelagat induknya. Ya, Instagram rilis fitur baru yang bernama news feeds.

Jika mendengar istilah ‘news feeds’ otak kita langsung terfikir pada beranda Facebook. Sebuah fitur dimana pengguna bisa melihat serangkaian status yang ditempatkan dalam satu lokasi.

News feeds sendiri sejatinya telah hadir di platform mobile. Di iOS dan Android – Blackberry mungkin menyusul – pengguna bisa menikmati serangkaian foto-foto Instagram yang dipublikasikan dari pengguna yang diikuti.

Nah ini menariknya. Instagram yang notabene aplikasi smartphone atau bisa dikatakan bekerja di platform mobile, sekarang mulai menyasar ke website. Tahun lalu pasca akuisisi mereka merilis Instagram versi web. Pengguna bisa melihat dan mengomentari serta men-jempol foto yang di-publish teman-teman mereka.

Sekarang muncul beranda. Tampilannya pun tak beda-beda jauh dari Facebook. Bayangkan saja beranda Facebook namun dengan rasa Instagram. Lantas apa sesungguhnya yang ingin di-goal-kan Instagram?

Tahun lalu salah seorang pejabat Facebook pernah berujar jika di tahun ini kemungkinan besar Instagram akan memunculkan iklan. Monetisasi itu perlu bagi Facebook. Jika tidak bagaimana modal mereka bisa kembali.

Dan jika kita bicara news feeds, satu yang terbesit adalah iklan, iklan, dan iklan. Facebook dengan lihai samarkan iklan dalam pelbagai wajah. Mulai post yang disarankan, tautan bersponsor, video bersponsor, cerita bersponsor, dan lainnya.

Mungkinkah iklan di Instagram akan masuk melalui pintu news feeds? Bisa saja demikian. Tengok apa kata Kevin Systrom di blog Instagram. Fitur yang ia rilis sejatinya bertabrakan dengan roh Instagram yang lahir sejak tahun 2010 lalu.

“Sejak diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2010, kami telah berfokus pada membangun sebuah aplikasi sederhana yang telah mengilhami kreativitas saat menangkap momen sehari-hari melalui lensa ponsel,” tulisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda