Scroll to Top

Wah, Asteroid Ini Diberi Nama Wikipedia!

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

Asteroid Wikipedia

Wikipedia miliki jutaan tulisan. Termasuk tulisan yang mengupas luar angkasa. Bilamana nama ‘Wikipedia’ kini ada di angkasa sana? Ya, sebuah asteroid diberi nama baru yang bernama Wikipedia.

The Committee for Small Body Nomenclature memberi nama baru sebuah asteroid yang sebelumnya berlabel 274301 dengan nama Wikipedia. Para astronom di Audrushivka Asronomical Observatory di Ukraina pertama kali melihat asteroid ini pada bulan Agustus 2008.

Observatorie di Caussols-ODAS di France dan Mt. Lemmon Survey serta Steward Observatory di Arizona juga mengamati asteroid tersebut. Komite alhasil menjatuhkan nama resmi ini pada 27 Januari lalu sesuai saran dari anggota Yayasan Wikimedia di Ukraina.

Asteroid ini miliki beberapa fakta ilmiah seperti miliki diameter hingga satu kilometer dan mengelilingi matahari tiap 3,68 tahun Bumi. ‘Wikipedia’ juga tak akan menabrak Bumi sehingga masyarakat tak perlu risau untuk itu.

Para astronom di seluruh dunia khususnya NASA terus memindai langit tiap malam. Mereka mencari dan mencari asteroid atau benda angkasa lainnya yang miliki kedekatan dengan Bumi.

Jika memang benda-benda tersebut miliki resiko tabrakan dengan planet ini, NASA dan pihak terkait pasti telah waspada. Yang terbaru adalah asteroid dengan label ‘2012 DA14’ yang bertitik lokasi hanya 17.200 mil dari Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda