Scroll to Top

Soal Kesehatan, Jangan-Jangan Anda Seorang Cyberchondria?

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

browsing

Apakah Anda pengidap cyberchondria? Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat kebiasaan sendiri terkait masalah kesehatan yang dialami. Orang yang masuk kategori cyberchondria suka sekali mencari referensi di internet untuk mendiagnosa berbagai gejala masalah kesehatan yang dirasakannya. Internet menjadi rujukan utamanya, dibanding datang langsung meminta nasihat dari tenaga medis.

Menurut studi dari Pew Researc Center, sekitar 59 persen orang dewasa lebih tertarik mencari saran kesehatan lewat informasi dunia maya.  Sekitar 35 persen orang dewasa mencari tahu tentang kondisi medis dirinya dengan browsing, termasuk yang juga dialami oleh orang lain di sekitarnya. Obsesi inilah yang kemudian membuat orang menjadi takut untuk berkonsultasi dengan dokter. Informasi dari internet dipandang cukup memberikan rekomendasi untuk sehat.

Memang saat ini makin banyak website kesehatan yang cukup diakui kredibilitasnya. Banyak saran kesehatan bisa didapatkan dari sana. Namun juga mesti dipahami, gejala dari masalah kesehatan yang Anda rasakan bisa jadi memerlukan diagnosa lanjutan. Diagnosa inilah yang mungkin tidak didapat dari sekadar membaca saran kesehatan di web. Anda tetap harus berkunjung ke dokter untuk melihat diagnosa yang lebih rinci.

Dr. Janet Taylor, seorang psikiater, mengatakan, sangat berbahaya bila ada orang yang secara utuh mempercayakan diagnosa kesehatannya lewat tulisan di dunia maya. Seperti dikutip CBS News, kebenaran mendiagnosa sendiri itu peluangnya fifty-fifty. Hanya saja, membaca informasi kesehatan di internet tetap penting sebagai jalan membekali diri dari berbagai hal tentang medis. Tetapi, jangan pernah menutup diri untuk meminta saran dokter demi penegakan diagnosa yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda