Scroll to Top

Waspadai Gejala Awal Glaukoma, Sebelum Menjadi Parah

By C Novita / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

gejala awal glukoma

Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit mata, yang apabila tak mendapat penanganan cepat dan tepat dapat menyebabkan kebutaan. Berusaha mengenali gejala awal yang timbul pada glaukoma dapat menyelamatkan penglihatan Anda.

Dikutip Metronews dari eHow, berikut ini beberapa gejala umum glaukoma yang dapat Anda kenali:

  • 1. Jika Anda merasakan sakit berdenyut pada mata, salah satu atau keduanya, terutama di malam hari atau jika Anda masuk ke dalam kamar yang gelap.
  • 2. Apabila melihat suatu benda yang bercahaya, maka Anda akan menyaksikan seakan ada lingkaran kabut diluar benda tersebut. Hal itu kerap disebut ‘efek halo’.
  • 3. Penglihatan Anda berkurang secara bertahap, dimulai dari kabur atau buram.

Pada mereka dengan usia 40-50 tahun, maka resiko terjadinya glaukoma makin besar. Memeriksakan diri secara teratur ke dokter mata sebaiknya mulai dilakukan jika usia Anda telah menginjak usia 40-an tahun. Paling tidak lakukan pemeriksaan kesehatan mata 1 tahun sekali untuk melihat adanya kemungkinan glaukoma terjadi.

Umumnya, dokter memberi beberapa jenis obat tetes mata guna mengontrol perkembangan glaukoma Anda. Memang penyakit tersebut tak dapat disembuhkan jika telah terjadi kerusakan pada syaraf vital mata. Namun obat tetes mata tersebut dapat mengendalikan kerusakan yang terjadi.

Biasanya dokter meresepkan Prostagladin untuk glaukoma sudut terbuka, Beta blockers guna mengurangi keluarnya cairan mata, dan beberapa merk obat tetes lainnya.

Mengubah gaya hidup seperti kebiasaan minum minuman berkafein, rajin melakukan aerobik, dan yoga, ternyata mampu mengurangi terjadinya tekanan pada syaraf mata. Mengurangi stress yang ditimbulkan saat menonton televisi terlalu banyak, atau terlalu banyak membaca pun dapat mengurangi resiko terjadinya glaukoma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda