Scroll to Top

Google & Mozilla Kerjasama Siapkan Skype Killer

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

WebRTC

Google dan Mozilla adalah rival di dunia browser, yakni Chrome dan Firefox. Namun, keduanya kini bekerjasama untuk mempersiapkan WebRTC yang memiliki kemampuan video chat layaknya Skype, tapi tanpa menggunakan Skype. Google dan Mozilla menyebut WebRTC ini sebagai Skype Killer.

WebRTC sendiri bukanlah sebuah perangkat lunak, tapi adalah sebuah standar yang telah diusulkan ke konsorsium W3C. WebRTC memiliki tujuan untuk menyediakan standar berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk chat dan berbagi audio, video, dan data secara real-time.

Saat ini standar WebRTC ini memang masih dikembangkan. Meski demikian, standar WebRTC ini memiliki potensi yang kuat untuk menggantikan Skype, Adobe Flash, dan beberapa aplikasi web lain. Tak hanya itu, standar WebRTC dapat bekerja di perangkat apapun, karena menggunakan basis web.

Google dan Mozilla telah bekerjasama untuk membuat video demo untuk memamerkan kemampuan standar WebRTC ini. App yang digunakan untuk membuat demo video ini tersedia di Google Code bagi yang ingin mencoba standar WebRTC ini.

Pengguna harus menggunakan Chrome 25 yang kini baru mencapai versi beta untuk mencoba WebRTC. Sedangkan pengguna Firefox harus masuk ke lama about:config dan merubah parameter media.peerconnection.enabled menjadi true.

Saat ini memang terlalu dini untuk menilai kemampuan WebRTC yang dikembangkan oleh Google dan Mozilla ini. Namun, ketika standar WebRTC telaah mapan, bukan tak mungkin Skype akan tergeser.

Seperti yang dilansir dari WebMonkey (05/02/2013), Microsoft dikabarkan juga telah memiliki standar tandingan WebRTC yang telah diusulkan ke W3C, yakni CU-RTC-Web. Nantinya hanya akan berdiri satu standar saja, siapakah yang akan bertahan? Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda