Scroll to Top

Cemburu Berlebih Termasuk dalam Penyakit Jiwa?

By C Novita / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

cemburu

Ilmuwan asal Italia dari University of Pisa telah menemukan sebuah bagian dari otak manusia yang dapat membuat setiap orang memiliki perasaan cemburu yang kuat, saat bagian otak ini dipengaruhi.

Hal tersebut terungkap pada sebuah penelitian yang melibatkan pasien penyakit skizofren, alkoholik, dan parkinson. Penyakit-penyakit tersebut hampir semuanya disertai dengan gejala cemburu yang berlebihan.

Menurut pimpinan penelitian, neuropsychiatrist bernama Donatella Marazzi, cemburu yang biasa tak akan sampai memprovokasi seseorang berbuat ekstrem.

Namun seperti dilansir dari geniusbeauty, jika terjadi ketidakseimbangan biokimia pada tubuh seseorang yang mengidap penyakit-penyakit tersebut, maka cemburu bisa memprovokasi seseorang untuk melakukan hal-hal yang ekstrem semisal membunuh.

Daerah otak yang mempengaruhi rasa cemburu berubah menjadi mengerikan tersebut adalah ventromedial prefrontal cortex. Daerah yang sama dengan yang mengatur perasaan empati dan rasa bersalah. Juga amigdala yang mengatur rasa takut, dan cemas pada seseorang.

Ilmuwan meyakini bahwa cemburu merupakan penyakit patologis dengan nama ilmiah Othello syndrome. Sehingga pada taraf yang berlebih, seseorang seharusnya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menyembuhkan rasa cemburu tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda