Scroll to Top

Timnas Indonesia Harapkan Irfan Bachdim Bobol Gawang Irak

By Aditya / Published on Wednesday, 06 Feb 2013

Timnas Indonesia mau tidak mau harus mengandalkan Irfan Bachdim untuk menghadapi Irak di laga perdana Pra Piala Asia 2015 yang akan segera digelar di Dubai, Qatar. Pasalnya, pemain kelahiran Belanda berdarah lokal itu merupakan satu-satunya penyerang senior yang dimiliki tim Garuda di bawah asuhan pelatih Nil Maizar saat ini. Tak pelak, Irfan Bachdim pun diharapkan mampu mencetak gol ke gawang Irak.

Sektor depan Timnas Indonesia kali ini memang sedang miskin pemain. Tidak ada lagi nama-nama predator beken macam Bambang Pamungkas, Boas Solossa, Patrich Wanggai, atau bahkan untuk sekadar Samsul Arif dan M. Rahmat. Tinggal Irfan Bachdim seorang yang tersisa dan dapat diandalkan sebagai penyerang tengah.

Untuk menghadapi Irak, Timnas Indonesia memang hanya membawa tiga striker murni, yaitu Irfan Bachdim, Agung Supriyanto, dan Mario Abeikop. Dua nama terakhir adalah penyerang muda yang tentunya masih sangat minim jam terbang. Keduanya pun tampil tak maksimal dalam beberapa kali laga ujicoba sehinggga timnas teramat jarang mampu mencetak gol.

Ditambah lagi, Agung Supriyanto tidak bisa diturunkan saat melawan Irak nanti. Striker belia ini masih terkena skorsing akibat diganjar kartu merah saat memperkuat Timnas Indonesia U-22 pada pertengahan tahun lalu. Adapun Andik Vermansyah, Okto Maniani, atau Hendra Bayauw yang turut dibawa dalam menghadapi Irak bukan tipikal target man alias bukan striker murni, melainkan penyerang sayap.

Irfan Bachdim sendiri tidak mengikuti pelatnas yang dilakukan timnas di Medan, Sumatera Utara, lantaran masih mencoba peruntungan di Thailand. Mantan pemain Persema Malang yang akhirnya direkrut oleh tim peserta Liga Primer Thailand, Chonburi FC ini baru bergabung ke skuat timnas setelah disusulkan ke Dubai, Minggu (3/2/2013) yang baru lalu.

Dengan kondisi seperti ini, pelatih Nil Maizar dihadapkan pada pilihan, apakah akan memakai Irfan Bachdim, Mario Aibekop, atau memainkan keduanya. Namun, jika melihat kualitas lawan yang akan dihadapi, Nil Maizar tampaknya akan memasang Irfan Bachdim sebagai penyerang tunggal dengan didukung oleh barisan penyerang sayap dan gelandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda