Share

bibir kering

Bibir Anda bisa mengalami kerusakan. Salah satu tandanya adalah bibir terasa kering dan tidak jarang diikuti dengan keadaan yang pecah. Kalau sudah parah sering menimbulkan rasa perih karena terjadi lecet. Dan, ketika mulut sudah terasa kering, sebaiknya segera saja ditangani.

Ada banyak cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Dikutip dari Boldsky, beberapa bahan sederhana ini bisa membantu Anda mengatasinya:

  1. Mentega atau minyak kelapa. Oleskan salah satunya pada bibir yang kering atau pecah-pecah. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menyembuhkan bibir kering dan melembabkannya. Keduanya juga punya khasiat untuk menghilangkan bagian bibir yang gelap.
  2. Irisan tomat. Pemakaiannya juga dengan dioleskan. Namun, imbangi pula dengan memijit lembut bibir Anda seraya mengoleskan. Tomat bisa mengembalikan bibir kering ke bentuk semula. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah efetivitas penyembuhan.
  3. Madu. Tanpa dicampur apa pun, madu dapat melembutkan kulit bibir dan mencegahnya dari keretakan. Ambil setetes  madu dan pijatkan lembut pada bibir.
  4. Paduan madu dan air lemon. Lemon bermanfaat untuk mengelupaskan kulit mati di bibir dan membersihkannya. Saat dicampurkan dengan madu, maka akan mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah. Gunakan dua kali sehari sampai sembuh.
  5. Mentimun. Pijatkan kandungan air dalam mentimun ke bibir Anda. Gunakan dua kali sehari dan Anda akan melihat bibir kembali sehat terlihat lembab. Air mentimun mengandung vitamin C yang membantu penyembuhan bibir kering.
  6. Ekstrak lidah buaya. Zat higroskopis pada lidah buaya membantu melembutkan kembali bibir kering dan mencegahnya dari pecah-pecah. Terapkan pada bibir Anda.
  7. Minum banyak air. Air membantu tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang cukup air akan membuat kulit juga ikut merasakan menfaatnya, termasuk untuk kesehatan kulit bibir.

Perlu diingat, salah satu penyebab keringnya bibir adalah penggunaan lip balm, lip glos, hingga lipstik. Oleh karena itu, bagi wanita, sebisa mungkin minimalisasi penggunaan ketiga kosmetik tersebut agar bibir lebih sehat.