Scroll to Top

Spanyol vs Uruguay 3-1: Hasil Pertandingan Persahabatan Internasional

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 07 Feb 2013

Spanyol vs Uruguay 3-1 Hasil Pertandingan Persahabatan Internasional (2)

Spanyol yang berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia 2010 sekaligus pemenang Euro 2012, berhasil menekuk Uruguay, peringkat ketiga Afrika Selatan 2010 dan Copa America 2011. Bermain di Khalifa International Stadium, Doha pada Kamis, 7 Februari 2013 La Furia Roja mengukir hasil pertandingan Spanyol vs Uruguay skor 3-1. Para pemain Barcelona menjadi kunci dalam pertandingan ini. Mulai dari Cesc Fabregas mencetak gol pembuka dan satu assist, hingga Pedro Rodriguez dengan dua golnya.

Dalam pertandingan persahabatan internasional ini, Vicente Del Bosque menurunkan formasi 4-3-3. Victor Valdes dipercaya menjadi kiper utama selama 90 menit menggantikan Iker Casillas yang cedera. Sementara rekan satu tim, Carles Puyol, menjalani laga ke-100 bersama La Furia Roja. Ada tujuh pemain Barcelona yang dipasang sebagai starter di timnas Spanyol. Sementara Uruguay datang ke Doha dengan mengandalkan duo bomber maut, Edinson Cavani dan Luis Suarez.

Cuma butuh 15 menit bagi sang juara bertahan Piala Dunia untuk mencetak gol pertama. Dan ini terbantu oleh kesalahan Fernando Muslera, kiper Uruguay. Cesc Fabregas yang menerima umpan Juan Mata, melepaskan tembakan jarak jauh yang semestinya bisa ditangkap Muslera. Namun, bola justru lepas dari tangan dan masuk ke gawang. Seolah takdir belum ingin menghentikan laju Spanyol yang tak terkalahkan dalam 17 laga internasional terakhir.

Spanyol vs Uruguay 3-1 Hasil Pertandingan Persahabatan Internasional (1)

Kedua tim sama-sama berambisi untuk mencetak gol. Namun, Uruguaylah yang berhasil menyamakan kedudukan setelah laga berlangsung lebih dari setengah jam. Umpan terobosan ciamik dari Martin Caceres dituntaskan oleh Cebolla Rodriguez yang bermain untuk Atletico Madrid, tanpa memberikan kesempatan Victor Valdes beraksi di menit 32.

Spanyol vs Uruguay 3-1 Hasil Pertandingan Persahabatan Internasional (3)

Pertandingan semakin sengit. Uruguay dan Spanyol seperti berlaga dalam duel sesungguhnya dengan tackle-tackle keras dan kengototan kedua tim. Gengsi antara tim Eropa dan Amerika Selatan ini terus berlanjut hingga setelah turun minum.

Babak kedua diwarnai dengan masuknya duo Barca. Gerard Pique menggantikan Carles Puyol dan David Villa menempati posisi Juan Mata. Pilihan yang cukup tepat bagi Vicente Del Bosque karena Pique dan Villa berperanan dalam gol-gol Spanyol berikutnya.

Enam menit paruh kedua dimulai, Pedro Rodriguez kembali membuat Spanyol memimpin. Pique yang melihat pergerakan sang rekan satu tim, mengirimkan umpan brilian yang mengecoh tiga pemain Uruguay sekaligus. Pedro cuma membutuhkan satu sentuhan sebelum mengirim bola ke sudut jauh gawang Uruguay di menit 51.

Dan ketegangan belum mau mereda. Wasit sampai-sampai harus mengirimkan tiga kartu kuning sekaligus pada menit 56 setelah terjadi adu dorong antara kedua tim di sektor kanan pertahanan Uruguay. Dua untuk Spanyol (Sergio Ramos dan Jordi Alba) dan satu untuk Uruguay (Diego Perez).

Setelah serangkaian pergantian pemain, Spanyol akhirnya memastikan kemenangan 15 menit menjelang bubaran. Lagi-lagi melalui sosok Pedro Rodriguez. Dan lagi-lagi pula melalui kerjasama para pemain Barcelona. Umpan David Villa kepada Fabregas dilanjutkan mantan kapten Arsenal dengan mengirim bola cantik kepada Pedro Rodriguez yang membobol gawang Uruguay dari jarak dekat.

La Furia Roja beberapa kali memiliki kesempatan untuk memperlebar jarak. Namun, skor akhir tetap 3-1. Sebuah hasil yang memuaskan untuk pasukan Vicente Del Bosque. Sekaligus mengirimkan sinyal bahaya kepada lawan-lawan mereka di Piala Konfederasi 2013 maupun Brazil 2014 mendatang, andai lolos dari babak kualifikasi.

SPANYOL (4-3-3): Valdes; Azpilicueta, Ramos, Puyol (Pique ’46), Alba (Nacho Monreal ’78); Busquets, Iniesta (Isco ’60), Cazorla (Mario Suarez ’71); Pedro (Alvaro Negredo ’75), Cesc, Mata (Villa ’46)

URUGUAY (4-4-2): Muslera; Pereira, Lugano, Godin, Caceres; Gonzalez (Aguirregaray ’80), Diego Perez, Lodeiro (Walter Gargano ’77), C. Rodriguez (Choy Castro ’69); Cavani (Forlan ’71), Suarez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda