Share

Swedia vs Argentina 2-3

Argentina sukses menggilas tuan rumah Swedia dalam pertandingan persahabatan internasional yang digelar di Friends Arena, Solna pada Kamis, 7 Februari 2013. Lionel Messi dkk. memetik hasil pertandingan Swedia vs Argentina skor 2-3. Tim tango menunjukkan kualitas yang apik sepanjang babak pertama dengan gol-gol dari Sergio Aguero dan Gonzalo Higuain. Lionel Messi memang gagal mencetak gol dalam laga kali ini. Tapi penampilannya tetap cemerlang. Apalagi, sebuah kesempatan emas bagi King Leo dipatahkan oleh aksi tendangan overhead Andreas Isaksson, kiper Swedia.

Bermain di kandang lawan, Argentina tidak ragu menurunkan formasi ofensif dengan trio penyerang maut Lionel Messi-Gonzalo Higuain-Sergio Aguero. Sementara itu, tuan rumah Swedia memakai formasi 4-2-3-1 dengan meletakkan Zlatan Ibrahimovic di belakang seorang Tobias Hysen. Ibra sendiri tampil tak maksimal karena baru melepaskan tembakan ke gawang pada menit 40 dan kelak digantikan oleh Mattias Ranegie.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Argentina sudah unggul. Pasukan Alejandro Sabella menunjukkan kecepatan yang luar biasa. Umpan Angel Di Maria mengarah pada rekan satu tim di Real Madrid, Gonzalo Higuain. Si Nomor 9 hendak menembakkan bola ke sudut jauh gawang Swedia. Ketidak beruntungan pun menyapa bek lawan, Mikael Lustig yang kakinya membelokkan laju bola sehingga berbuah gol.

Swedia sejatinya berhasil menyamakan kedudukan selang 15 menit kemudian. Berawal dari tendangan penjuru yang dilepaskan oleh Kim Kallstrom, Jonas Olsson menanduk bola yang gagal diantisipasi oleh kiper Argentina, Sergio Romero. Namun, hasil seri 1-1 tak bertahan lama.

Selang sesaat, Argentina kembali melenggang. Dan lagi-lagi karena seorang Angel Di Maria. Serangan kilat tim tango diakhiri dengan umpan terobosannya kepada Sergio Aguero yang dengan jitu mengirim bola ke sisi jauh setelah kiper Swedia, Andreas Isaksson berusaha menutup pergerakan penyerang Manchester City.

Empat menit berselang, Argentina melenggang. Kapten mereka, Lionel Messi, melepaskan tembakan kencang yang cuma bisa ditepis oleh Isaksson. Di sanalah, Gonzalo Higuain yang lowong menceploskan bola.

Swedia vs Argentina 2-3 Messi

Argentina terus menguasai keadaan. Lionel Messi membuktikan lehebatannya sebagai seorang pengumpan dengan kesempatan yang disodorkan kepada Angel Di Maria (’25) dan Sergio Aguero (’37). Namun, tidak ada gol tambahan di babak pertama.

Upaya Swedia memperbaiki keadaan setelah turun minum, tidak banyak berbuah. Sementara, tim tamu dibuat tercengang dengan penyelamatan gemilang Andreas Isaksson atas upaya Lionel Messi di menit 56. King Leo yang lolos dari jebakan off side, melob bola melewati kepala sang kiper. Ketika semua orang mengira gol akan terjadi, Isaksson melakukan penyelamatan brilian dengan tendangan overhead.

Argentina yang berupaya mencetak gol keempat, menemui titik buntu. Penampilan mereka yang agak menurun daripada 45 menit awal, menjadi kunci menurunnya kualitas serangan. Dan pada akhirnya, Swedia berhasil memperkecil kekalahan. Tendangan bebas Rasmus Elm di menit terakhir sukses mengoyak gawang Sergio Romero. Hasil akhir 2-3 untuk kemenangan Argentina, dan Lionel Messi mendapatkan pelukan hangat dari seorang fans yang lolos ke lapangan.

Swedia (4-2-3-1): Isaksson; Lustig ( Adam Johansson ’60), Granqvist, J. Olsson, M. Olsson; Svensson ( Rasmus Elm ’61), Kallstrom; Larsson, Ibrahimovic ( Mathias Ranégie ’46), Kacanikilic ( Jimmy Durmaz’77); Hysen.

Argentina (4-3-3): Romero; Zabaleta ( Cristian Ansaldi ’61), Fernandez, Garay (Fabricio Coloccini ’87), Campagnaro; Mascherano, Gago (Ever Banega ’68), Di Maria (Walter Damián Montillo ’46); Higuain (Franco di Santo ’91), Messi, Aguero ( Ezequiel Lavezzi ’75).