Scroll to Top

Android akan Dapat Jalankan Aplikasi Windows Melalui Wine

By Ditya / Published on Thursday, 07 Feb 2013
Wine Android
Wine Android

Tak lama lagi aplikasi Windows akan dapat dijalankan di sistem operasi Google Android melalui Wine. CodeWeavers, pembesut perangkat lunak Wine diakabarkan sedang mengembangkan aplikasi Wine untuk Android agar sistem operasi besutan Google tersebut dapat menjalankan aplikasi Windows.

Pengguna sistem operasi open source Linux tentu tak asing lagi dengan aplikasi Wine. Wine adalah aplikasi yang memiliki cara kerja mirip emulator untuk menjalankan aplikasi Windows dengan menerjemahkan Windows API, sehingga aplikasi Windows dapat berjalan di sistem operasi non Windows.

Pernahkan Anda membayangkan menjalankan aplikasi standar komputer Windows seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Notepad, atau game Solitaire di perangkat Android? Tampaknya hal ini akan menjadi kenyataan dengan hadirnya aplikasi Wine untuk Android.

Aplikasi Wine ini dikembangkan oleh CodeWeavers sejak tahun 1993 untuk menjalankan Windows 3.1 di sistem operasi Linux. Wine versi 1.0 resmi diperkenalkan pada tahun 2008 atau 15 tahun setelah aplikasi ini pertama kali dikembangkan.

Berdasarkan informasi dari Phoronix, saat ini aplikasi Wine untuk Android masih dalam tahap pengembangan. Tak hanya itu, Phoronix juga mengatakan bahwa kinerja Wine untuk Android masih sangat lambat dan belum sempurna. Hal ini disebabkan karena pengembang menggunakan sistem operasi Mac OSX dan bukan Android untuk mengembangkan aplikasi ini.

“Wine akan datang untuk ARM, cukup banyak hal menarik disana. Codeweavers cukup tertarik dan berharap akan sukses seperti di Intel Atom x86 untuk tablet. Jika Android keuntungan traksi pada tablet dan perangkat mobile lainnya, CodeWeavers memiliki banyak peluang komersial untuk mendorong menjalankan perangkat lunak Windows di Android,” kata Phoronix.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (06/02/2013), jika pengembangan Wine untuk Android berjalan lancar dan menghasilkan kinerja yang memuaskan, maka pengguna Android akan dapat menjalankan beberapa aplikasi Windows, seperti Microsoft Office, Notepad, dan aplikasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda